Kartika Putri Menjerit, Tagihan Listriknya Rp 16 Juta Sebulan

Oleh Wayan Diananto pada 10 Jul 2020, 11:30 WIB
Diperbarui 10 Jul 2020, 11:30 WIB
Kartika Putri. (Foto: Instagram @kartikaputriworld)
Perbesar
Kartika Putri melayangkan nota protes kepada PLN di fitur Instagram Stories karena tagihan listriknya mencapai 16 juta rupiah. Kok bisa? (Foto: Instagram @kartikaputriworld)

Liputan6.com, Jakarta Kamis (9/7/2020), Chef Arnold Poernomo protes karena tagihan listriknya membengkak dari 2,5 juta menjadi 10 juta rupiah sebulan. Namun ia bukan satu-satunya pesohor yang syok akibat tagihan listrik. Pada hari yang sama, Kartika Putri menjerit.

Kartika Putri melayangkan nota protes kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) di fitur Instagram Stories terkait lonjakan tagihan listrik bulan ini yang mencapai dua digit.

Agar tak disangka hoaks, Kartika Putri mengunggah tangkapan layar bukti pembayaran tagihan listrik lewat transfer daring sebuah bank yang terkena biaya administrasi 6 ribu rupiah.

2 dari 6 halaman

Biasanya 7 Juta Rupiah

Unggahan Kartika Putri. (Foto: Instagram @kartikaputriworld)
Perbesar
Unggahan Kartika Putri. (Foto: Instagram @kartikaputriworld)

Dalam tangkapan layar itu tertera jelas, Kartika Putri membayar tagihan listrik sebesar 16.964.705 rupiah. Sebagian data pribadi dalam tangkapan layar itu sengaja ditutup dengan status teks berlatar merah.

Bersama tangkapan layar itu, bintang film Nenek Gayung dan The Secret: Suster Ngesot Urban Legend menulis, “Per bulan biasanya 6-7 juta, kenapa bulan ini bisa sampai 17 jutaan, ya.”

3 dari 6 halaman

Minta Penjelasan

Unggahan Kartika Putri. (Foto: Instagram @kartikaputriworld)
Perbesar
Unggahan Kartika Putri. (Foto: Instagram @kartikaputriworld)

Menyertai jeritan hatinya, Kartika Putri membubuhkan emotikon wajah berlinang air mata. Seleb kelahiran Palembang, 20 Januari 1991, ini melanjutkan, “Mohon penjelasannya ya, Bang @infopln @pln_id @pln123_official.”

Usai minta konfirmasi kepada PLN, bintang sinetron Dunia Terbalik melontar sindiran. Di Instagram Stories, Kartika Putri berniat melakukan penghematan agar tagihan listrik tak meroket.

4 dari 6 halaman

Rencana Beli Kipas Bambu

Unggahan Kartika Putri. (Foto: Instagram @kartikaputriworld)
Perbesar
Unggahan Kartika Putri. (Foto: Instagram @kartikaputriworld)

Ia mengunggah gambar lampu petromaks disertai keterangan, “Mulai beralih ke…” Berikutnya gambar kipas dari anyaman bambu sebagai ganti AC dan kipas angin.

Info beli kipas ini boleh?” cetusnya. Lalu Kartika Putri memasang gambar dispenser dengan status teks, “Dijual.” Berikutnya, gambar burung merpati yang menggigit surat beramplop cokelat.

 

5 dari 6 halaman

Kembali Ke Surat

Unggahan Kartika Putri. (Foto: Instagram @kartikaputriworld)
Perbesar
Unggahan Kartika Putri. (Foto: Instagram @kartikaputriworld)

Menyertai gambar ini, Kartika Putri menulis, “Kembali ke alat komunikasi ini aja. Yang mau hubungi aku bisa by surat yak arena udah enggak berani cas HP, nih.”

Hingga artikel ini disusun, PLN belum merespons. Diunggah di akun gosip Instagram, keluhan Nyonya Usman Bin Yahya tersebut kebanjiran respons beragam.

6 dari 6 halaman

Keluhan Serupa

[Bintang] Kartika Putri
Perbesar
Kartika Putri (Deki Prayoga/bintang.com)

Sama banget ini, tapi ini mah udah jutaan. (Saya) biasanya 300 sekarang 750 (ribu rupiah) aja engal banget,” warganet berakun @sariiiezel mengeluhkan hal serupa.

Sementara akun @andriwulan mencuit, “Katanya yang naik-naik itu untuk nutupin yang dapat subsidi gratis, itu benar, ya? Lha terus kenapa enggak pakai uang negara saja atau dari pajak yang lain. Gtw mikirnya gimana?”

Lanjutkan Membaca ↓