Sukses

Masa Depan Musik Indonesia di saat Pandemi Corona Covid-19

Musik Indonesia saat ini seperti meredup di masa pandemi corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Corona Covid-19 meluluh lantahkan industri musik Tanah Air dan juga internasional. Semua jadwal konser yang sudah tertata rapi, mengalami pembatalan dan penundaan.  Hal ini yang membuat platform distribusi berita dan konten Baca Berita (BaBe) menggelar sebuah diskusi yang menghadirkan beberapa narasumber dari musisi, promotor, hingga pengamat musik. 

Menurut World Economic Forum, industri musik global memiliki dua jalur keuntungan utama. Pertama melalui pertunjukan live atau offline yang menghasilkan 50% dari total keuntungan dan berasal dari jumlah penjualan tiket. Sementara kedua dari rekaman, yang termasuk pendapatan dari streaming, digital download, penjualan album fisik, dan pendapatan sinkronisasi (lisensi musik untuk games, TV, dan iklan).

Koalisi Seni Indonesia pun mengatakan di bulan Maret 2020, terdapat sekitar 40 konser, tur, serta festival musik yang dibatalkan atau ditunda. Seperti yang dikatakan oleh Strategic Planner demajors dan Program Director Synchronize Festival, Kiki Ucup, bahwa pandemi ini tidak akan mengubah wajah industri pertunjukan musik sepenuhnya.

“Tapi justru membuat para pelakunya banyak mencoba berbagai hal baru yang memungkinkan penyelarasan dengan dunia digital dan tentunya tetap harus sejalan dengan protokol yang ditetapkan pemerintah,” ujar Kiki Ucup saat diskusi virtual bertemakan ‘Inovasi Dunia Pertunjukan Musik di New Normal’, Kamis (9/7/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berubah

Hal yang sama juga dikatakan oleh vokalis Gigi, Armand Maulana. Menurutnya, pandemi ini membuat para musisi harus mengubah gaya bermusiknya.  

“Kita musti beradaptasi agar industri musik ini tetap bisa berjalan, tapi dengan tetap mentaati protokol yang harus dijalankan. Inovasi menjadi suatu keharusan agar musisi bisa survive,” ujar Armand Maulana.

Armand pun merujuk pada konser virtual dan kolaborasi dengan platform digital pun akhirnya menjadi opsi dan juga peluang baru. Digital platform menjadi sarana baru yang banyak digunakan musisi untuk terhubung dengan para penikmat musiknya, sekaligus menjadi saluran bagi mereka untuk berkarya.

 

3 dari 4 halaman

Digitalisasi

Sementara itu pengamat musik Bens Leo, menambahkan bahwa digitalisasi dan inovasi menjadi suatu keharusan yang akan dialami oleh industri musik dan juga pertunjukan musik. 

“Pandemi ini di sisi lain juga menghasilkan banyak inovasi baru, seperti konser musik virtual “Konser 7 Ruang” yang dimeriahkan banyak penyanyi ternama, ada juga lagu “Lathi” dari grup Weird Genius yang diproduksi di tengah pandemi dan mendapatkan banyak views di platform digital. Justru di tengah kondisi ini para pemain industri musik semakin tertantang untuk lebih kreatif dan inovatif,” ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Pandemi

Menurut data Digital Report 2020 dari Hootsuite, jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat sekitar 17%. Konsumsi internet pun meningkat selama pandemi ini jika melihat dari data beberapa penyedia layanan telekomunikasi. Dari jumlah 175,4 juta pengguna internet di Indonesia, terdapat lebih dari 80% yang melakukan streaming musik, dan 99% yang menonton konten video online. Merujuk pada data ini, kolaborasi antara industri musik dan platform digital pun terasa semakin lumrah. 

BaBe, selaku platform digital untuk beragam konten, menyambut baik potensi kolaborasi antara aplikasi dengan pelaku industri pertunjukan musik. “Mendukung kemajuan industri kreatif, termasuk dunia musik, menjadi salah satu dari fokus kami. Sebagai platform digital, kami berharap dapat menjadi sarana bagi pelaku industri kreatif untuk menjangkau masyarakat dengan lebih luas, dan menjadi platform untuk merangkul komunitas,” ujar Shelly Tantri, Senior Business Development Manager, BaBe. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.