Sukses

Bioskop Indonesia Buka Lagi 29 Juli 2020, Ini Penjelasan Cinema XXI dan CGV

Kabar gembira untuk pencinta film di Indonesia. Bioskop akan kembali beroperasi per 29 Juli 2020. Siapkan diri Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bulan lalu terdengar kabar bioskop Indonesia kembali beroperasi mulai 6 Juli 2020. Namun pihak Cinema XXI dan CGV Cinemas kala itu enggan membenarkan. Mengingat, Pemerintah Indonesia belum merilis surat edaran resmi.

Pekan ini, muncul kabar Cinema XXI dan kawan-kawan beroperasi lagi per 29 Juli 2020. Ini merespons Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 serta Surat Keputusan Bersama dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kabar ini menguat setelah Dewan Pengurus Pusat Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) yang mewakili Cinema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum, dan New Star Cineplex mengedarkan surat resmi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Respons Ketua GPBSI

Ketua GPBSI, Djonny Syafruddin, menjelaskan pengusaha bioskop butuh waktu dua hingga tiga minggu untuk mempersiapkan implementasi penerapan protokol kesehatan yang baru.

“Para pelaku industri bioskop telah berdiskusi dan sepakat untuk dapat kembali melakukan kegiatan operasional bioskop terhitung mulai Rabu, 29 Juli 2020 secara serentak di seluruh Indonesia,” terang Djonny dalam surat tertanggal 7 Juli 2020.

3 dari 5 halaman

Tiga Poin Penting

Selama masa persiapan, para pengelola bioskop setidaknya menyiapkan tiga hal. Pertama, materi komunikasi dan sosialisasi penerapan Protokol Kenormalan Baru di lingkungan bioskop.

Kedua, proses edukasi dan pelatihan internal terkait penerapan Protokol Kenormalan Baru di lingkungan bioskop kepada seluruh karyawan yang akan bertugas.

4 dari 5 halaman

Respons Cinema XXI

“Ketiga, komunikasi kepada rumah-rumah produksi terkait kesiapan film serta materi promosi yang akan dilakukan setelah bioskop kembali beroperasi,” Djonny menyambung.

Keputusan ini disambut hangat pengelola bioskop. Dihubungi Showbiz Liputan6.com, Head of Corporate Communications and Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol berujar ringkas, “Kami satu suara dengan GPBSI.”

5 dari 5 halaman

Respons CGV Cinemas

Terpisah, Public Relation CGV Cinemas, Hariman Chalid, menyambut kesepakatan bersama yang dicapai GPBSI. Juli 2020 akan menjadi momen kembalinya pencinta sinema ke bioskop setelah berbulan-bulan di rumah saja.

“Suratnya ijin pembukaan bioskop baru kami terima hari ini (Selasa, 7 Juli 2020 -red). Kami masih membahas di (lingkungan) internal terkait strategi pembukaannya,” terang Hariman saat kami hubungi via telepon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.