Sukses

Bayi Zaskia Adya Mecca Disinar Biru, Kadar Bilirubin-nya Tinggi

Kadar bilirubin bayi Zaskia Adya Mecca meninggi. Akibatnya, Bhaj Kama Bramantyo harus menjalani terapi lanjutan yakni disinar biru.

Liputan6.com, Jakarta Melahirkan anak kelima lewat bedah cesar di Rumah Sakit JIH Yogyakarta pada Jumat (3/7/2020) tak serta merta membuat Zaskia Adya Mecca bisa menarik napas lega.

Bayi laki-laki yang dinamai Bhaj Kama Bramantyo ini mengalami sejumlah problem kesehatan. Zaskia Adya Mecca menjelaskan, setelah lahir, anak bungsunya dipasangi alat bantu napas selama 48 jam.

Setelah alat bantu napas dilepas, masalah lain muncul. Kadar bilirubin bayi Zaskia Adya Mecca meninggi. Akibatnya, Bhaj Kama Bramantyo harus menjalani terapi lanjutan yakni disinar biru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kembali ke Rumah Sakit

Mendapati kenyataan ini, Zaskia Adya Mecca tak henti melantun doa untuk kesembuhan putra terkasih. “Udah kembali ke rumah sakit menemani Kama yang lagi disinar karena bilirubinnya tinggi,” beri tahu Zaskia Adya Mecca melalui fitur Instagram Stories, Senin (6/7/2020) petang.

Pada unggahan berikutnya, bintang sinetron Para Pencari Tuhan memperlihatkan Bhaj Kama saat dimasukkan ke tabung dengan lampu-lampu berwarna biru keunguan dengan mata tertutup.

3 dari 5 halaman

Bukan Perkara Mudah

Menyertai momen ini, Zaskia Adya Mecca menulis, “Bismilah, cukup 12 jam aja di sini ya sayangku.” Pada unggahan lain, ia menulis harapan, “Cepat membaik semuanya sayangku, anak saleh.”

Terapi sinar biru bagi bayi yang baru lahir bukan perkara mudah. Mengingat, si kecil harus dalam posisi tertidur pulas. Ada kalanya, Bhaj Kama terjaga dan menangis. Lalu, terapi dihentikan sejenak menanti ia tenang.

4 dari 5 halaman

Tumpukan Bilirubin

Perjuanganku dan suster Hesti balikin Bhaj Kama ke tempat terapi sudah 2 jam. Dan gagal lagi…,” cetus Zaskia Adya Mecca menyertai video Bhaj Kama saat terjaga lalu menangis. Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, bilirubin adalah pigmen air empedu berwarna kuning kemerahan merupakan hasil pemecahan sel darah merah oleh hati. Tumpukan bilirubin membuat mata bayi menguning dan membahayakan kesehatan.

Terapi sinar biru mengubah bilirubin menjadi senyawa yang larut dalam air dan bisa dikeluarkan dari tubuh bayi. Zaskia Adya Mecca mengakui, perjalanan hidup Bhaj Kama di awal memang tidak mulus. 

 

5 dari 5 halaman

Setiap Anak Punya Cerita

Mengunggah fotonya bersama si bungsu pada hari yang sama, seleb kelahiran Jakarta, 8 September 1987, ini mencurahkan perasaan saat mendampingi buah hati menjalani terapi sinar biru. “Memulai perjalanan kemarin sama @bhajkama bukan awal yang smooth tapi memang setiap anak akan punya ceritanya sendiri,” curhat Zaskia Adya Mecca.

Senin malam, ia dan suami kembali ke rumah sakit untuk mengawal kondisi Bhaj Kama Bramantyo. “Malam ini ku dan @hanungbramantyo masih menemani Kama sinar di RS karna bilirubinnya tinggi... semoga besok semua membaik dan kita bisa kumpul sama para kakak, insyaallah,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.