Sukses

Ahok Usai Bertemu Good Friend Istri Pertama: Harga Diri Saya Diinjak-injak

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengenang momen perceraian yang terjadi pada 2018.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengenang momen perceraian dalam pernikahan terdahulunya, yang terjadi pada 2018. Menurut Ahok, perceraian ditempuh setelah melewati upaya penyelamatan rumah tangga berbulan-bulan.

Salah satunya, Ahok menemui laki-laki yang disebut “good friend” oleh istrinya kala itu. “Lalu saya sampaikan, kamu (good friend -red.) juga punya anak, mau anak kedua. Mumpung istrimu belum tahu, boleh enggak kita sama-sama kembali,” cerita Ahok.

“Dia menjawab, bukan urusan saya, itu urusan domestik saudara. Urus sendiri. Wah di situ Nicho (anak Ahok -red.) sudah mau mukul itu, saya paham,” Ahok menyambung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Reaksi

Reaksi “good friend” merentang kesabaran Ahok. Ia menceritakan itu kepada Daniel Mananta dalam video bertajuk “Usaha BTP untuk Menyelamatkan Rumah Tangganya.”

Video ini dirilis di kanal YouTube Daniel Mananta Network pada Kamis (2/7/2020). “Harga diri saya diinjak-injak sebagai laki-laki, sebagai gubernur, dan saya berkuasa, saya lebih kuat posisinya,” Ahok membeberkan.

3 dari 5 halaman

Tetap Mamanya Anak-Anak

“Tapi kan saya tidak mau mempermalukan istri saya waktu itu. Ini kan tetap mamanya anak-anak. Saya juga ingin menutup aib ini, kan saya juga pengin keluarga saya balik,” ia menyambung.

Ahok lantas menimbang sejumlah opsi terkait masa depan rumah tangganya. Ia sempat berdiskusi dengan adiknya. Dalam obrolan itu, mereka membahas fenomena rumah tangga masa kini di mana suami istri tinggal serumah tapi punya pacar masing-masing.

4 dari 5 halaman

Boleh Enggak, Setop?

Keadaan makin berat saat Ahok menjalani masa tahanan di Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob) Kelapa Dua, Depok. Ia sempat berpesan kepada istrinya, kala itu.

“Makanya sampai masuk tahanan saya bilang, saya sakit sekali di dalam tahanan kalau kamu pergi berdua ke Singapura atau ke mana. Boleh enggak setop?” Ahok menjelaskan. Setelahnya, ia membuat keputusan besar yakni bercerai.  

5 dari 5 halaman

Ke Muka Hakim

Diakui Ahok, keputusan cerai ini mendapat respons beragam dari orang-orang terdekat. Pun ia mengaku mengalami pergumulan batin sebelum membawa kemelut rumah tangganya ke muka hakim. Seperti diberitakan, Ahok resmi cerai pada 4 April 2018.

“Ketika saya memanggil pendeta untuk mendamaikan ketegangan adanya good friend ini, wah saya diserang (banyak pihak),” cetusnya. Kini, Ahok berumah tangga dengan Puput Nastiti Devi. Keduanya nikah pada 25 Januari 2019. Awal 2020, mereka beroleh momongan yang dinamai Yosafat Abimanyu Purnama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok