Semarak HUT DKI Jakarta ke-493, Yuk Jalan-Jalan Virtual Keliling Ancol hingga Ragunan

Oleh Ratnaning Asih pada 21 Jun 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 21 Jun 2020, 12:00 WIB
Karnaval Ondel-Ondel
Perbesar
Perayaan HUT DKI Jakarta ke-493 diisi beragam acara. Mulai tur virtual sampai Jakarta Great Sale Online. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Hari Ulang Tahun alias HUT DKI Jakarta ke-493 tahun ini berlangsung dengan cara yang berbeda dari biasa. Maklum, wabah Corona COVID-19 masih belum juga sirna dari Tanah Air.

Meski begitu, bukan berarti HUT DKI Jakarta kali ini ini akan lewat begitu saja tanpa kemeriahan apa pun. Selebrasi tahun ini akan dilangsungkan dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyusun serangkaian acara virtual, agar warga dapat merasakan HUT DKI Jakarta ke-493 meski hanya dari rumah.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, selaku Ketua Panitia HUT Ke-493 Kota Jakarta, menjelaskan perbedaan selebrasi tahun ini adalah pada tata caranya saja. Bila sebelumnya lebih banyak dilakukan di ruang terbuka dengan menghadirkan kerumunan massa, kini dilakukan secara virtual.

"Berbagai kebiasaan baru tersebut tidak mengurangi substansi dari HUT Kota Jakarta, yaitu mensyukuri sekaligus merefleksi kemajuan kita. Kita pun bisa tetap menemukan suka ria dalam bentuk baru melalui berbagai kegiatan yang baru familiar di masa pandemi ini," tuturnya, pada Sabtu (20/6/2020).

2 dari 5 halaman

Jakarta Tangguh

20161231-Pesta-Kembang-Api-IA
Perbesar
Kawasan Bundaran HI, Jakarta. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tema perayaan tahun ini pun selaras dengan kondisi saat ini, yakni Jakarta Tangguh. Dengan konsep tersebut, Pemprov maupun warga Jakarta diharap tak pantang menyerah menghadapi wabah.

Lantas, apa saja acara yang bisa dinikmati masyarakat?

"Untuk masyarakat, kami menyiapkan beragam acara yang diadakan secara virtual, agar tetap dapat dinikmati meski dari rumah. Ragam acara tersebut, di antaranya Festival Jakarta Great Online Sale, Tur Virtual di beberapa tempat menarik di Jakarta, hingga beragam program seru yang bisa ditonton secara streaming di Beritajakarta.tv," kata Saefullah.

3 dari 5 halaman

Great Sale

Sambut Hari Raya Idul Fitri dengan Midsummer Night Sale
Perbesar
(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Akan diadakan Jakarta Great Sale online, berkolaborasi dengan delapan platform e-commerce. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 30 Juni 2020. Tapi sejumlah platform akan mulai pada 20 Juni 2020, agar masyarakat dapat membantu UMKM Jakarta pada masa pandemi melalui platform belanja online.

 

4 dari 5 halaman

Jalan-Jalan

Ada pula tur virtual yang dapat dinikmati mulai 20-22 Juni 2020 di Beritajakarta.tv dan akun media sosial Pemprov DKI Jakarta.

Pemirsa diajak jalan-jalan secara virtual ke Taman Margasatwa Ragunan, Sea World Ancol, Planetarium, 5 Museum di Jakarta, Air Mancur Menari, dan melihat indahnya kota Jakarta dari ketinggian.

Digelar pula Gubernur Menyapa Warga. Ini adalah kegiatan ngobrol santai lewat Zoom antara Guberbur Jakarta beserta jajarannya dengan perwakilan RW/RT, FKDM, PKK, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, dan Tokoh Agama.

5 dari 5 halaman

Program Menarik

Tak ketinggalan, ada pula sejumlah program menarik dari Berita Jakarta TV yang bisa disaksikan via situsnya. Acaranya antara lain Virtual Pensi Band SMA, Tik Tok Topeng Betawi, Live Report dari Balai Kota dan DPRD.

Lanjutkan Membaca ↓