Sukses

Alissa Wahid Unggah Potret Tito Karnavian, usai Seorang Warga Di Maluku Kutip Guyonan Gus Dur

Yang viral di jagat maya pekan ini, polisi menciduk warga yang unggah guyonan Gus Dur. Prihatin, Alissa Wahid pun bereaksi.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu putri Presiden Republik Indonesia keempat, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, yakni Alissa Wahid merespons berita warga yang diciduk polisi karena mengunggah guyonan almarhum ayahnya.

Seperti diberitakan Liputan6,com, Ismail Ahmad (41) mengunggah salah satu guyonan Gus Dur lewat medsos. Ismail Ahmad mengutip, “Hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia: patung polisi, polisi tidur, dan Jenderal Hoegeng (Gus Dur).”

Tak lama setelahnya, warga Kabupaten Sula, Maluku Utara, ini disambangi polisi. Insiden ini viral di jagat maya dan akhirnya sampai ke telinga Alissa Wahid. Prihatin, Alissa Wahid akhirnya bereaksi lewat akun Twitter terverifikasi miliknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tiga Polisi Jujur

Reaksi Alissa Wahid pun tak main-main. Rabu (17/6/2020), ia mengunggah foto mantan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Dalam foto itu, Tito Karnavian yang mengenakan seragam tersenyum. Terdapat pula pernyataan Tito Karnavian, “Almarhum (Gus Dur) sempat menyindir Polri, karena di Indonesia hanya ada 3 polisi jujur. Yang pertama, polisi tidur. Kedua, patung polisi. Terakhir, Polisi Hoegeng.”

3 dari 5 halaman

Cambukan Gus Dur

Pernyataan itu disampaikan Tito Karnavian saat menjabat Kepala Kepolisian Republik Indonesia periode 2016-2019, dalam testimoni di Haul Gus Dur, Ciganjur, pada 2019.

Merespons guyonan Gus Dur, Tito menjelaskan, “Ucapan beliau itu menjadi cambukan bagi kami agar Polri sebagai institusi yang lebih baik.” Mengunggah foto dan pernyataan Tito Karnavian, Alissa Wahid menulis pesan terbuka.

4 dari 5 halaman

Indonesia Darurat Humor

Pak Polisi, ada teladan nih dari pemimpin Anda semua, mantan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian, sekarang Menteri Dalam Negeri.” Alissa tampak tak mampu menutupi rasa prihatinnya terkait “kunjungan” polisi kepada Ismail Ahmad.

Ia lantas membubuhkan tagar #IndonesiaDaruratHumor. Hingga artikel ini disusun, cuitan Alissa Wahid disukai lebih dari 7.500 orang. Sejumlah warganet bereaksi atas pernyataan Alissa Wahid di fitur reply.

5 dari 5 halaman

Reaksi Anita Wahid

Pak Tito Karnavian dapat mencerna dan mengolah jokes Gusdur menjadi hal yang positif agar Polri menjadi institusi yang lebih baik. Apakah Pak Tito akan diperiksa karena pernyataan itu?” cetus akun @ferdinandussaja.

Akun @kahlil_zafran menulis, “Enggak berani ngejokes tentang polisi takut entar ditangkap ujaran kebencian, Ning.”

Putri Gus Dur lainnya, Anita Wahid terang-terangan mengunggah karikatur Gus Dur dalam guyonan “Tiga Polisi Jujur.” Menyertai gambar itu, ia berseloroh, “Kalo aku unggah ini, aku bakal diperiksa nggak?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.