Sukses

Pinkan Mambo Kini Jualan Makanan dan Terima Jasa Cuci Pakaian

Pinkan Mambo mengaku saat ini tidak ada panggilan menyanyi yang datang padanya.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Corona Covid-19 berdampak kepada siapapun. Salah satunya adalah penyanyi Pinkan Mambo. Pandemi Covid-19 diakuinya cukup berakibat fatal bagi kondisi ekonominya. 

Pinkan Mambo mengaku tidak ada job yang datang padanya. Alhasil, demi menghidupi keenam buah hatinya, kini dia mulai menjual makanan dan menyediakan jasa cuci pakaian. Tak tanggung-tanggung, dia juga mengantar langsung pesanan para pelanggannya.

Ingin tahu keseharian Pinkan Mambo seperti apa, yang kini sibuk menjual makanan dan mencuci pakaian pelanggan? Berikut ulasannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Belanja ke Pasar Pagi-Pagi Buta

Setiap harinya, Pinkan Mambo harus berbelanja ke pasar untuk membeli seluruh bahan mentah. Waktu masih menunjukkan pukul 4.45 WIB pagi. Membawa kereta plastik belanja, Pinkan mulai berkeliling di pasar BSD, Tangerang. 

"Pagi-pagi buta gini sudah harus stok makanan, eh sudah harus belanja. Ke pasar biasanya tergantung, kalau buru-buru nggak bisa bawa peralatan gini," kata Pinkan dilansir dari Channel youTube Cumicumi.

 

3 dari 7 halaman

Tak Ada Job 

Semenjak pandemi Covid-19 merebak, mantan vokalis Ratu dan pelantun lagu 'Cinta Takkan Usai' karya Glenn Fredly itu tak lagi menerima panggilan bernyanyi. Baik untuk acara off air maupun on air, hingga tak ada panggilan untuk Pinkan jadi bintang tamu di acara televisi. 

"Sejak Covid, enggak ada nyanyi, enggak ada apa. Jadi saya, awalnya sih karena kepepet jadi terpaksa," ujar Pinkan.

 

4 dari 7 halaman

Kepepet

Pinkan yang merasa terjepit ekonominya akibat pandemi, berusaha untuk memutar otak. Mulai bangkit dengan menjual makanan dan jasa cuci pakaian. 

Awalnya sempat ragu, hanya punya satu orang pelanggan. Namun Pinkan berusaha meyakinkan diri, demi bisa menghidupi anak-anak, dan menutup segala cicilan.

"Memang sudah lama ingin bikin restoran, ingin bikin laundry. Jadi akhirnya karena kepepet ini jadi akhirnya aku move on dan aku catering," kata Pinkan.

"Dari Covid ini karena kejepit, harus bayar mobil, bayar cicilan, ya otomatis kita harus puter otak gimana caranya. Tapi ini membawa kebaikan, jadi punya bisnis lain," jelasnya.

 

5 dari 7 halaman

Ikut Masak Makanan

Semakin lama, bisnis baru yang tengah digelutinya semakin menunjukkan titik terang. Sejak awal Pinkan yang turun langsung, dari mulai berbelanja, memasak, dan mengantar ke konsumen. 

Baru selanjutnya Pinkan memiliki jasa kurir sendiri yang siap mengantar sampai Bekasi, dan berbagai wilayah jauh. Pengemasannya masih terhitung sederhana. Dia menggunakan label kertas polos bertuliskan namanya, serta menggunakan selotip transparan.

 

6 dari 7 halaman

Terima Jasa Cuci Pakaian

Jasa mencuci pakaian yang ditawarkan oleh Pinkan dibanderol dengan harga Rp45 ribu untuk 5 kilogramnya, khusus cuci kering dan lipat saja.

Sedangkan harga untuk mencuci hingga setrika, sebesar Rp55 ribu. Pinkan mengambil harga standar yang sudah ada di sekitar tempat tinggalnya. Hingga kini masih memiliki pelanggan tetap yang setia dengan jasa cucinya. 

"Harga di BSD sini memang rata-rata segitu, jangan disamain sama Ciputat atau Parung. Tapi memang segitu, jadi aku normal price," papar Pinkan.

 

7 dari 7 halaman

Omzet

Tak disangka, penyanyi jebolan grup duo Ratu bersama Maia Estianty ini bisa meraup keuntungan yang besar. Terus fokus dan bertahan, serta memuaskan pelanggan menjadi prinsip Pinkan. 

Dia mengaku bahwa keuntungan yang diperolehnya kini, terhitung bisa lebih besar daripada menjadi penyanyi.

"Pokoknya besarlah omzetnya. Bisa lebih besar dari nyanyi juga bahkan," jelasnya.

 Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini