Sukses

Yuni Shara dan 6 Artis Ini Unggah Blackout Tuesday untuk Peringati Tewasnya George Floyd

Tagar Blackout Tuesday menggema di Instagram pada Selasa (2/6/2020). Yuni Shara dan 6 artis ini ikut menyuarakan Black Lives Matter.

Liputan6.com, Jakarta Selain wabah Covid-19, dunia diguncang isu rasialisme. Ini dipicu video polisi Derek Chauvin menindih leher warga Afrika-Amerika, George Floyd, hingga tewas. Sejumlah artis dunia termasuk Indonesia mengecam. Yuni Shara, misalnya.

Lewat akun Instagram terverifikasinya, Yuni Shara mengunggah foto hitam polos disertai tagar #blackouttuesday. Blackout Tuesday bentuk protes warganet seluruh dunia atas tewasnya George Floyd, 25 Mei 2020. Menyertai unggahan ini, Yuni Shara tak memberi keterangan apa pun selain emotikon hati hitam.

Sejumlah warganet mempertanyakan maksud unggahan Yuni Shara. “Kenapa gelap, Bun?” cetus salah satu warganet di kolom komentar. Ada banyak seleb Tanah Air yang menggemakan tagar #blackouttuesday. Selain Yuni Shara, Showbiz Liputan6.com mencatat enam selebritas lain. Siapa saja mereka?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Nikita Mirzani

Mengunggah warna hitam polos, pelantun “Selalu Salah” ini menyertakan dua tagar yakni #blackday2020 dan #blacklivesmatter. Tak hanya itu, Nikita Mirzani menyuarakan persatuan dalam keragaman dengan membubuhkan emotikon tiga tangan beda warna mengepal.

Yakni, warna kuning langsat, cokelat, dan hitam. Seorang warganet merespons unggahan bintang film Comic 8 dan Taman Lawang, “Hitam bukan kotor #blacklivesmatter.”

3 dari 7 halaman

2. Luna Maya

Pada hari yang sama, Selasa (2/6/2020), Luna Maya mengunggah warna hitam polos dengan tagar #blackouttuesday. Bedanya, Luna Maya menyertakan emotikon hati putih.

Tampaknya, pelantun “Suara (Kuberharap)” hendak mengingatkan warga kulit putih untuk mencintai ras berwarna. Sebuah pesan lembut tanpa menggurui dari bintang film Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur. Aksi Luna Maya kebanjiran puluhan ribu tanda hati.

4 dari 7 halaman

3. Aaliyah Massaid

Putri almarhum Adjie Massaid dan Reza Artamevia bergabung dalam aksi menghargai perbedaan warna kulit. Mengunggah warna hitam tanpa motif di Instagram, ia menulis status teks ringkas, “Black lives matter #blackouttuesday.”

Di kolom komentar, beberapa penggemar Aaliyah Massaid melengkapi unggahan tersebut dengan empat emotikon tangan berjejer dengan warna kulit berbeda.

5 dari 7 halaman

4. Giorgino Abraham

Pesan persatuan dalam keragaman turut disuarakan Giorgino Abraham. Pemilik single “Seperti Cokelat” itu mengunggah warna hitam polos dengan tagar #blackouttuesday. Hingga artikel ini disusun, tagar ini telah digunakan lebih dari 24 juta kali di Instagram.

Sejumlah seleb Hollywood seperti Rihanna bahkan menggemakan tagar #TheShowMustBePaused. Mereka berhenti mencari uang untuk menyatakan belasungkawa atas kepergian George Floyd.

6 dari 7 halaman

5. Anggun

Pelantun “Snow on the Sahara” dan “Kembali” menempuh langkah serupa, menghitamkan feed akun Instagram terverifikasi miliknya, Selasa (2/6/2020), ia mengunggah dua tagar yakni #TheShowMustBePaused (pertunjukkan harus dijeda) dan #BlackoutTuesday.

Anggun juga menyuarakan keragaman dengan mengunggah tangan dengan gradasi warna dari hitam, sawo matang, cokelat, cokelat muda, putih, dan kuning.

7 dari 7 halaman

6. Rossa

Pelantun “Terlalu Cinta” punya cara unik. Ia mengunggah foto hati hitam dan menulis pesan terbuka. “Let’s say NO to racism , as We’re all Allah’s creatures. Be kind, to love and to be loved (katakan tidak pada rasialisme, karena kita semua makhluk Allah. Jadilah baik, mengasihi dan dikasihi)” ungkap Rossa.

Di pengujung pesan, ia menulis, “Jangan lagi memandang rendah orang lain berdasarkan warna kulit, suku. atau strata sosial, karena pastinya di mata Allah semua sama. Spread love, starting from me sending you doa and virtual hugs (tebarkan cinta, dimulai dari aku kirim doa dan pelukan virtual buat kalian).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini