Reza Rahadian Rangkap Jabatan Jadi Sutradara Miniseri di Tengah Wabah Covid-19, Ini Curhatnya

Oleh Wayan Diananto pada 29 Mei 2020, 19:20 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 19:20 WIB
[Fimela] Reza Rahadian
Perbesar
Reza Rahadian (Adrian Putra/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta Meraih 4 Piala Citra tak membuat Reza Rahadian berpuas diri. Aktor kelahiran Jakarta, 5 Maret 1987, ini menantang diri sendiri. Kali ini, Reza Rahadian menjadi sutradara miniseri Sementara Selamanya.

Naskah Sementara Selamanya ditangani Ika Natassa yang dikenal lewat novel laris Critical Eleven dan Twivortiare. Tak hanya menyutradarai, Reza Rahadian merangkap jabatan sebagai pemeran utama.

Lawan mainnya, Laura Basuki. Ini bukan kali pertama Reza Rahadian meladeni Laura Basuki. Sepuluh tahun lalu, keduanya meraih Piala Citra lewat film 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta.

2 dari 5 halaman

Berawal dari Instagram Live

Reza Rahadian. (Foto: Dok. Spasi Moving Image)
Perbesar
Reza Rahadian. (Foto: Dok. Spasi Moving Image)

Reza Rahadian menjelaskan, Sementara Selamanya adalah miniseri yang terdiri 6 episode. Selain ia dan Laura, Sementara Selamanya diperkuat Ruth Marini dan diva layar perak, Christine Hakim.

"Idenya bermula ketika saya dan Kak Ika mengobrol lewat Instagram Live. Saya bilang, eh kita bikin sesuatu yang relate dengan situasi sekarang, yuk! Ternyata terwujud. Padahal saya pikir tidak akan seserius ini," cetus bintang film Habibie & Ainun serta My Stupid Boss itu.

3 dari 5 halaman

Hanya 7 Orang

[Fimela] Reza Rahadian
Perbesar
Reza Rahadian. (Daniel Kampua/Fimela.com)

Syuting Sementara Selamanya berlangsung di tengah wabah Corona Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dan social distancing. Pengambilan gambar dilakukan hanya selama tiga hari. Setiap hari harus mampu menyelesaikan dua episode.

"Syuting hanya melibatkan 7 orang, itupun tidak semua masuk ke set lokasi untuk mematuhi sosial distancing. Bisa dibilang setiap kepala rangkap jabatan. Saya sutradara, pemain utama, angkat meja, dan ngurusin artistik juga," ujar Reza Rahadian dalam konferensi pers via Zoom, Jumat (29/5/2020).

4 dari 5 halaman

Repotnya Rangkap Jabatan

Reza Rahadian. (Foto: Dok. Spasi Moving Image)
Perbesar
Reza Rahadian. (Foto: Dok. Spasi Moving Image)

Beruntung, pemain dan kru sangat kooperatif. Apa yang bisa dikerjakan tanpa pertemuan fisik, dilakukan secara daring. Diakui Reza Rahadian, merangkap jabatan bukan perkara mudah.

"Sebagai aktor, biasanya saya menjaga emosi dan perwatakan agar tidak naik turun seenaknya. Sekarang, saya harus mempertahankan emosi karakter, mengarahkan pemain lain, termasuk harus tahu kapan bilang 'cut.' Ternyata susah banget," beri tahu Reza Rahadian.

5 dari 5 halaman

Hubungan, Jarak, Situasi, Adaptasi

[Fimela] Reza Rahadian
Perbesar
Film 'Abracadabra', Reza Rahadian saat ditemui di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020). (Adrian Putra/Fimela.com)

Dalam Sementara Selamanya, Reza Rahadian memerankan Saka, suami Zara (Laura Basuki). "Pasangan ini terpisah karena pekerjaan. Zara seorang dokter yang menangani wabah Covid-19 di sebuah rumah sakit," ia membocorkan.

"Intinya, ini tentang hubungan (cinta), jarak, situasi, dan adaptasi," imbuh Reza Rahadian. Miniseri Sementara Selamanya akan mengudara lewat aplikasi Vidio mulai 6 Juni 2020 setiap Sabtu dan Minggu.

Lanjutkan Membaca ↓