Sukses

Bangkit Lagi, 7 Bintang Gandeng Vina Panduwinata untuk Lagu Religi

Single teranyar yang menandakan kembalinya 7 Bintang adalah Buatlah Dunia Tersenyum Kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Para penggemar musik era 1980-an dan 1990-an tentu pernah mendengar grup vokal pop laris 7 Bintang. Setelah 31 tahun lamanya tak berkarya, kini mereka kembali ke dapur rekaman.

Single teranyar yang menandakan kembalinya 7 Bintang adalah "Buatlah Dunia Tersenyum Kembali". Penyanyi yang diajak sebagai tamu untuk lagu ini adalah biduanita kondang Tanah Air, Vina Panduwinata.

Pada 2020, 7 Bintang mengajak tiga personel baru, yakni Yuni Shara, Ita Purnamasari, dan Memes. Panggung Java Jazz 2020 yang digelar Maret 2020 menjadi ajang "pemanasan" jelang single baru mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peran Deddy Dhukun

Bertindak sebagai produser eksekutif single ini Deddy Dhukun dan Glenn Rotty, menyampaikan bahwa ide rekaman bersama 7 Bintang muncul secara spontan. Kala itu, mereka menjawab pertanyaan dari penyiar radio di Balikpapan, Kalimantan Timur seputar lagu baru.

Deddy pun menjawab, "Sebentar lagi, ini lagunya sedang dibuat Glenn."

"Saya sambil bercanda dan tertawa, saya lihat wajah Glenn agak sedikit bingung. Tapi Alhamdulillah, Glenn ternyata dapat memberikan materi lagunya. Cocok dengan lirik yang saya tulis, dan jadilah lagu buat 7 Bintang, 'Buatlah Dunia Tersenyum Kembali'," kenang Deddy.

3 dari 5 halaman

Tambah Plus

Jelang meggarap single, musikus yang identik dengan kacamata hitamnya itu pun meminta Vina untuk berkolaborasi. Menariknya, pada pengujung proses produksi materi lagu, para penyanyi yang tergabung sepakat untuk membubuhkan tanda "plus" pada nama grup vokal mereka. Maka mereka pun menamakan diri sebagai 7 Bintang +.

"Deddy Dhukun bersama Glenn mengajak aku untuk bergabung dengan 7 Bintang, menyampaikan sebuah lagu yang luar biasa, lagu yang mengajak banyak orang untuk tetap semangat menjalankan hidup ini walaupun keadaannya sekarang seperti ini," ujar Vina Panduwinata menceritakan keterlibatannya.

"Aku dengan senang hati ikut, senang banget bergabung lagi dengan sahabat-sahabat lama," ia melanjutkan.

4 dari 5 halaman

Formasi 7 Bintang Plus

7 Bintang + terdiri dari Deddy Dhukun, Fariz RM, Mus Mujiono, Trie Utami, Ita Purnamasari, Memes, dan Yuni Shara, "plus" Vina Panduwinata.

Mereka berharap single pop religi ini dapat diterima khalayak, terutama di saat penduduk bumi menghadapi ketidakpastian terhadap pandemi Covid-19.

"Melalui lagu ini, 7 Bintang + mengajak kita semua bersama-sama untuk memohon ampunan kepada Yang Maha Kuasa agar dunia dapat kembali tersenyum dan kehidupan berjalan normal kembali," ungkap Glenn.

Pada formasi awal, grup ini terdiri dari Atiek CB, Deddy Dhukun, Dian Pramana Poetra, Malyda, Mus Mujiono, Trie Utami, dan Yopie Latul. Fariz RM kemudian turut bergabung dengan 7 Bintang.

5 dari 5 halaman

Konser Amal

Buatlah Dunia Tersenyum Kembali telah hadir di berbagai digital store sejak 27 Mei 2020. Sementara, video musik lagu ini diluncurkan pada 7 Juni 2020, dibarengi konser live streaming DSS Music, "7 Ruang Bersama 7 Bintang + Vina Panduwinata".

Pertunjukan live ini dijadikan sebagai wadah donasi pengumpulan dana guna meringankan beban para musisi serta pekerja di kafe dan resto yang kehilangan mata pencaharian selama wabah Corona Covid-19.

Konser amal berdurasi 60 menit ini akan disiarkan melalui kanal YouTube DSS Music dan JavaJazzFest, serta tayangan langsung melalui akun Instagram @legendamusikindo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.