Hanung Bramantyo Salat Id di Rumah, Diimami Juru Masak Ibunda

Oleh Wayan Diananto pada 24 Mei 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 24 Mei 2020, 10:51 WIB
Hanung Bramantyo. (Foto: Instagram @hanungbramantyo)

Liputan6.com, Jakarta Minggu (24/5/2020), umat muslim merayakan Idulfitri 1441 Hijriyah, setelah menjalankan ibadah puasa sepanjang bulan Ramadan. Hanung Bramantyo yang berada di Yogyakarta beberapa bulan terakhir merayakan kemenangan ini.

Diakui Hanung Bramantyo, salat Id pada Lebaran tahun ini terasa beda. Pasalnya, ia melaksanakan salat Id di rumah. Pagi Lebaran, Hanung Bramantyo menjalankan salat Id dan bersilaturahmi di rumah saja. Tanpa open house.

Momen salat Id diabadikan Hanung Bramantyo dalam foto lalu diunggah di akun Instagram miliknya. Menyertai foto itu, sutradara film Perempuan Berkalung Surban dan Ayat-Ayat Cinta ini menulis pesan menyentuh.

2 dari 5 halaman

Tak Pernah Membayangkan

Unggahan Hanung Bramantyo. (Foto: Instagram @hanungbramantyo)
Unggahan Hanung Bramantyo. (Foto: Instagram @hanungbramantyo)

Tidak pernah membayangkan bisa sholat ied di rumah bersama bia @zaskiadyamecca, anak2 @kalamadali @kana.sybilla @bhaikaba @bhrekata juga ibunda @mulyati.salim.ms, adik-adikku semua beserta para mba dan penjaga rumah,” tulis sineas peraih 2 Piala Citra itu.

Bagi Hanung Bramantyo, momen ini justru terasa istimewa sekaligus langka. “Sungguh moment yang sangat spesial dan langka. Apalagi sang imam adalah mas Joni, juru masak di rumah ibu,” imbuh sineas kelahiran Yogyakarta, 1 Oktober 1975.

3 dari 5 halaman

Belajar Toleransi dan Keragaman

Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo
Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo bersama keempat buah hati mereka. (dok. Instagram @zaskiadyamecca/https://www.instagram.com/p/B_EeV-5H1so/Putu Elmira)

Diceritakan Hanung Bramantyo, Joni sengaja dipercaya untuk memimpin salat Id karena bacaan Al Qurannya paling baik. Ia menyatakan, Lebaran di tengah wabah membuatnya belajar banyak hal.

Selain menghargai kebersamaan dengan keluarga tercinta dan keikhlasan, Hanung Bramantyo belajar kembali tentang pentingnya toleransi serta indahnya keragaman.

4 dari 5 halaman

Sahabat yang Beragama Hindu

Hanung Bramantyo dan Zaskia Mecca.
Anak Hanung Bramantyo dan Zaskia Mecca (Sumber: Instagram/zaskiadyamecca)

Pasalnya, momen salat Id pagi ini diabadikan oleh salah satu sahabatnya, Adi, yang beragama Hindu. “Moment ini makin spesial karena di fotokan oleh mas @adi_bromo yang beragama Hindu,” imbuhnya.

Seperti diketahui, wabah Corona Covid-19 di Indonesia belum memperlihatkan penurunan. Pasalnya, hingga artikel ini disusun, jumlah kasus infeksi Covid-19 tembus 21 ribu. 

5 dari 5 halaman

Sabar, Pasrah, dan Toleran

Merespons fenomena ini, Hanung Bramatyo tak ingin mengeluh. Ayah lima anak ini menarik hikmah di balik wabah. “Pendemi ini mengajarkan banyak hal kepada saya, belajar ikhlas, menerima, sabar, pasrah juga toleran dalam menghadapi banyak hal,” tulisnya menyertai foto salat Id bersama keluarga.

Di pengujung status teks, Hanung Bramantyo mengucapkan, “Taqoballahumina wa minkum, Minal Aidzin wal Faidzin, maaf lahir batin buat teman-teman semua.”

Lanjutkan Membaca ↓