Sandra Dewi Bagi-bagi Tips Bikin Opor Ayam Lezat Meskipun Tak Bisa Memasak

Oleh Liputan6.com pada 22 Mei 2020, 19:01 WIB
Diperbarui 22 Mei 2020, 19:02 WIB
[Bintang] Sandra Dewi

Liputan6.com, Jakarta Masa PSBB yang memasuki bulan ketiga mulai membuat semua orang mati gaya, dari awalnya antusias bisa lebih santai di rumah karena work from home hingga dilanda kebosanan. Ya, hal itu juga dirasakan artis cantik Sandra Dewi yang ternyata harus membagi waktu antara pekerjaan dan waktu ekstra di rumah.

Istri dari Harvey Moeis selama pandemi masih disibukkan dengan jadwal pemotretan tiap minggu, tak hanya itu ia juga harus membagi waktu dengan sang suami dan dua buah hati mereka, Raphael Moeis dan Mikhael Moeis.

Tapi ada hal positif dirasakan Sandra di masa pandemi. Singkatnya waktu bekerja di luar dan menghabiskan waktu lebih lama di rumah bersama keluarga di rumah membuatnya memiliki kegiatan baru yang menyenangkan, yaitu memasak.

Memasak? Ya, Sandra mengakui bahwa dirinya tak bisa memasak, lama ingin belajar memasak tapi tak memiliki waktu. Hal itu terlihat dari unggahan di akun Instagram Sandra Dewi . Lewat sebuah video, perempuan 36 tahun tersebut tengah berada di dapur rumahnya.

"Mencoba masak selain mi instan," tulis Sandra sebagai keterangan video.

Sandra Dewi
Sandra Dewi membagikan videonya memasak. Ini kali pertamanya Sandra memasak (Dok.Instagram/@sandradewi88/https://www.instagram.com/p/CAaAknlHcQA/Komarudin)

Sandra mengungkap, ini kali pertama dirinya masak dan menggunakan kompor pembelian Harvey Moeis.

"Ini kali pertama aku masak. Jangan kaget ya," ujar Sandra dalam video.

Sebelum memasak, sang suami sempat bertanya apakah ia bisa menyalakan kompor, dan Sandra menjawab bisa. Beberapa temannya juga sempat panik, apakah Sandra bisa menyalakan kompor atau tidak.

Para Asisten Rumah Tangganya juga sempat meminta agar Sandra tak memasak dan menyarankan merekalah yang akan memasak. Oleh karena itu, ini pengalaman spesial bagi Sandra.

"Mereka ketakutan banget, karena saya nggak bisa nyalakan kompor," tutur Sandra Dewi.

Usut punya usut ternyata kegiatan memasak yang Sandra lakukan bertujuan untuk mengobati kerinduan para asisten rumah tangga atau ART yang tidak bisa mudik karena aturan pelarangan mudik terkait Pembatasan Sosial Bersakal Besar (PSBB) yang masih berlangsung.

Meskipun dirinya berbeda keyakinan dan tak merayakan Idul Fitri, Sandra memahami bahwa momen tersebut kalau Lebaran adalah momen spesial buat para ART yang sudah bertahun-tahun bekerja dengannya.

Tak bisa mudik dan kumpul bareng keluarga di kampung halaman jelas jadi hal yang mengecewakan. Oleh karena itu, ia berusaha menunjukkan empatinya dengan menghibur mereka lewat sajian opor ayam spesial buatannya. Hal tersebut merupakan perwujudan ide yang datang dari para followers yang berkomentar di IG Story-nya. Mendengan hal tersebut beberpa sahabat Dewi sempat tak percaya ia akan masak opor ayam secara live di Instagram.

Rahasia berani masak

Dalam video itu, Sandra membuat opor ayam. Ia menyebut satu per satu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak opor, mulai dari ayam, kentang, telur, bawang goreng, tahu, air, dan dua bungkus bumbu instan Sasa Bumbu Opor andalannya.

"Ini rahasia saya, kalau nggak ada ini nggak ada masak-masak hari ini. Saya kalau nggak ada ini nggak berani juga masak opor ayam,” ceritanya di sela proses memasak.

Ia kemudian memasukkan bahan-bahan itu. Diawali ayam, kentang, dan air 600 ml yang dimasak sampai air mendidih. Setelahnya, Sandra memasukkan bumbu instan dan mengaduk semua hingga merata.

"Aku baru pertama masak hari ini. Ini mungkin membuat aku ketagihan. Tinggal cemplung-cemplung saja, tumis, masukin air. dan masukin bumbu," imbuh Sandra.

Tak lama kemudian, Sandra memasukkan telur dan tahu ke dalam wajan. 

"Yang penting usaha. Sorry kalau pas live banyak bercanda santuy aja gaes jangan julid," tulis Sandra Dewi.

Bumbu instan dianggap Dewi benar-benar jadi penyelamat ibu milenial yang kurang bisa memasak seperti dirinya. Sandra mengaku telah lama ingin memasak sesuatu untuk keluarga. namun, kesibukan membuatnya tak bisa leluasa ke dapur untuk belajar masak.

Sandra pun mengajak ibu milenial lainnya yang kurang atau tidak bisa memasak sekalipun untuk terjun langsung ke dapur, karena baginya semua bisa jago masak dan menjadi koki di rumah, kuncinya ialah memanfaatkan bumbu instan yang bisa bikin #SemuaJagoMasak.

 

(*)