Sukses

Roro Fitria Masih Jalani Ritual Adat Setelah Bebas dari Penjara

Semenjak berada di dalam penjara, Roro Fitria tak melakukan lagi ritual-ritual tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Roro Fitria merupakan satu dari segelintir selebriti yang kerap menjalani ritual kejawen. Sebut saja mulai dari bertapa di dalam gua, mandi kembang pada tengah malam, hingga memasang dupa di depan lukisan Nyai Roro Kidul.

Semenjak berada di dalam penjara, Roro Fitria pun tak melakukan lagi ritual-ritual tersebut. Terlebih, ia kini memutuskan untuk menutup aurat dengan mengenakan jilbab.

Sejak 2 April 2020 kemarin, Roro Fitria resmi dibebaskan dari penjara. Wanita 30 tahun itu telah menjalani dua tahun masa tahanan karena kasus kepemilikan obat-obatan terlarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menjalani Aktivitas

Kini Roro Fitria telah bebas dan mulai menjalani aktivitas sebagai seorang figur publik. Satu pertanyaan pun muncul: Apakah ia kembali menjalani ritual-ritual kejawen?

3 dari 5 halaman

Lebih Memilah

"Betul (masih melakukan ritual). Berkenaan dengan ritual adat istiadat, Nyai pilah dan Nyai pilih ya. Hal mana atau item yang pure budaya dan hal atau item mana yang, maaf, sudah agak terbelokkan syariatnya. Jadi Nyai lebih memilah dan memilih," kata Roro ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Senin (18/5/2020).

4 dari 5 halaman

Tak Keluar Akidah Agama

Sebagai wanita yang mengaku masih keturunan kerajaan Mataram Kuno ini, ia tak bisa meninggalkan ritual kuno begitu saja. Ia tetap melangsungkan kegiatan tersebut asal tidak keluar dari akidah agama.

5 dari 5 halaman

Junjung Tinggi Budaya

"Tidak bisa dipungkiri, suatu bangsa besar itu berasal dari budaya-budaya itu sendiri. Nyai tetap menjunjung tinggi nilai luhur budaya Indonesia, pada khususnya budaya Jawa di mana Nyai dilahirkan. Namun tetap harus memegang akidah, nilai-nilai tauhid dari Allah," tandasnya. (Kapanlagi.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini