Sukses

Kartika Putri Menangis Lihat Masyarakat Langgar PSBB Demi Baju Lebaran

Kartika Putri mengajak masyarakat agar berpikir lagi jika ingin meninggalkan rumah ke pusat perbelanjaan demi membeli baju baru.

Liputan6.com, Jakarta - Kartika Putri sepertinya sudah tidak kuat lagi melihat perilaku masyarakat Indonesia di beberapa tempat yang tidak mengindahkan PSBB. Kartika Putri geram dengan video yang menunjukkan begitu berjubelnya orang-orang di pusat-pusat perbelanjaan hanya untuk berbelanja Lebaran.

Kartika Putri pun menumpahkan keluh kesahnya ke Instagramnya pada Selasa (19/5/2020). Menurutnya, Lebaran bukan hanya soal memakai baju baru.

"Saudara-saudariku sekalian sesama muslim, saya juga tahu, saya juga alhamdulillah menjadi seorang muslim juga dan akan merayakan insyaAllah jika diberikan umur panjang akan merayakan idul Fitri 1 minggu lagi," kata Kartika Putri mengawali videonya.

"Memang di Idul Fitri dianjurkan untuk kita menggunakan pakaian terbaik. Ingat pakaian terbaik, bukan yang terbaru. Yang saya bikin miris adalah kalian mengabaikan anjuran pemerintah untuk keselamatan diri kalian sendiri dan keluarga kalian, demi untuk baju baru dan membahayakan banyak jiwa kami," lanjut Kartika Putri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bandingkan dengan Tenaga Medis

Terlihat, selama menyampaikan tanggapannya itu Kartika Putri tampak membendung air mataya. Kartika Putri kemudian membandingkannya dengan para tenaga medis yang tengah berjuang mati-matian melawan Corona Covid-19.

"Saya cuma ingin bertanya kepada kalian semua yang pergi ke pusat perbelanjaan hanya untuk mencari baju Lebaran, apakah kalian pernah berfikir atau terbesit di benak kalian bahwa berpikir nasib tenaga kesehatan atau tim medis kita Lebaran nanti akan menggunakan APD lengkap hanya untuk menolong, menyelamatkan jiwa kita semua," tanya Kartika Putri.

 

3 dari 5 halaman

Empati

"Apakah kalian juga memiliki sedikit empati atau hati nurani melihat banyak sekali tim medis dan kesehatan yang sudah berguguran dan apakah kalian juga bisa merasakan perasaan keluarga mereka yang akan merayakan Lebaran tahun ini tanpa keluarganya," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Mengetuk Nurani

Kartika Putri mengajak masyarakat untuk berpikir lagi jika ingin meninggalkan rumah ke pusat perbelanjaan demi membeli baju baru.

"Saya udah nggak tahan lagi bikin video ini karena buat saya, saya ingin mengetuk hati nurani kita semua tanpa kecuali siapapun itu tetaplah diam di rumah sampai kondisi benar-benar baik, kondisi benar-benar kembali seperti semula. Saya hanya mengajak lagi dan lagi untuk semuanya gunakan akal sehat kalian gunakan hati nurani kalian," ungkapnya.

 

5 dari 5 halaman

Lebih Baik

Sekali lagi, Kartika Putri mengingatkan bahwa momen Lebaran bukan hanya semata tentang mengenakan pakaian baru. Tetapi lebih dari itu, yaitu bagaimana setiap insan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

"Lebaran bukan masalah pakaian baru, Lebaran adalah lembaran baru hidup kita untuk menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi. Untuk menjadi manusia yang mempunyai hati nurani, manusia yang tidak egois, manusia yang benar-benar mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadinya," tegas Kartika Putri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini