Sukses

Rina Nose dan Andre Taulany Terancam 6 Tahun Penjara Terkait Kasus Dugaan Penghinaan Marga Latuconsina

Rina Nose dan AndreTaulany dianggap telah mencemarkan nama baik Marga Latuconsina.

Liputan6.com, Jakarta Rina Nose dan Andre Taulany tengah bermasalah dengan hukum. Keduanya dilaporkan seorang pengacara bernama Ruswan Latuconsina, karena candaan keduanya dianggap telah mencemarkan nama baik salah satu marga asal Ambon, Maluku melalui media elektronik.

Terkait laporan yang dibuat Senin (18/5/2020) itu, Rina Nose dan Andre Taulany terancam hukuman enam tahun penjara. Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat ditanya terkait pelaporan Rina Nose dan Andre Taulany.

"Pasal 27 ayat 3 UU ITE, pasal 45 tentang pencemaran nama baik. Ancamannya sekitar enam tahun, makanya akan kita coba cek nanti,"kata Yusri Yunus, di Polda Metro Jaya, Selasa (19/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meneliti Kasus

Saat ini, polisi akan mendalami laporan dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan Rina Nose dan Andre Taulany. Pihaknya akan meneliti lebih lanjut, sebelum nantinya akan ada pemanggilan saksi dan juga terlapor dalam masalah ini.

"Laporan sudah kita terima sekarang ini, nanti akan kita diteliti. Baru kemaren sore, nanti kita akan teliti. Kemudian nanti akan kita panggil, kita merencanakan memanggil, mengklarifikasi. Pertama pasti, pelapornya serta beserta saksi-saksi yang diajukan. Kemudian yang kedua nanti terlapor dan juga ada beberapa saksi-saksi yang lain. Nah, kalau memang nanti sudah terkumpul semuanya, bukti-bukti dan keterangan lain, baru kita akan gelar perkara. Karena ini masih tingkat penyelidikan," kata Yusri Yunus lagi.

3 dari 4 halaman

Tak Bisa Pastikan

Namun, polisi belum bisa memastikan berapa lama proses hukum terkait pelaporan Rina Nose dan Andrey Taulany. Apalagi saat ini pandemi Corona Covid-19 masih menghantui Tanah Air.

"Suasana sekarang ini suasana pandemi covid-19. Yang dipanggil... Kan ini klarifikasi dulu kan ya, biasanya mengundang, yang diundang biasanya takut tertular, yang mengundang pun sangat takut tertular," papar Yusri.

4 dari 4 halaman

Permasalahan

Seperti diketahui Rina Nose dan Andre Taulany dipolisikan gara-gara guyonan keduanya dalam sebuah talk show di sebuah stasiun televisi, yang dianggap menghina marga Latuconsina.

Kala itu, Andre Taulany dan Rina Nose melempar sebuah tebak-tebakan dengan memplesetkan marga Latuconsina.

Terkait masalah itu, Andre Taulany dan Rina Nose sudah menyampaikan permohonan maaf mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini