Sukses

Unik, UC Berkeley Rayakan Wisuda Virtual dan Konser Musik Blockeley

Mahasiswa UC Berkeley menggelar perayaan wisuda tahun 2020 dengan cara unik, konser musik di dalam permainan populer MineCraft.

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa UC Berkeley, Amerika Serikat, menggelar perayaan wisuda tahun 2020 dengan cara unik, konser musik di dalam permainan populer MineCraft. Tim relawan panitia pun, membangun replika gedung Kampus UC Berkeley dengan skala 1:1 (satu banding satu) atau mendekati wujud fisik aslinya di dalam MineCraft.

Tak hanya menggelar virtual tour dengan bangunan kampus, acara yang digelar untuk umum ini juga menampilkan konser musik virtual Blockeley Music Festival yang akan berlangsung pada tanggal 16-17 Mei 2020 mendatang.

Menggunakan teknologi virtual terkini, konser musik musik ini memungkinkan untuk interaksi antara para musisi dengan para penggemar layaknya menikmati pertunjukan langsung. Karena digelar dalam game MineCraft penonton konser dapat juga melakukan percakapan selama pertunjukan, termasuk saat MC acara muncul dan tampilan grafis saat acara berlangsung.

Bjorn Lustic dan Elliot Choi, alumni UC Berkeley yang mengagas acara ini mengatakan ide awal bermula dari keinginan agar kelulusan dari kampus ternama UC Berkeley dapat terus dikenang ditengah pandemi global Covid-19. Namun, lockdown yang diberlakukan di Amerika Serikat membuat perayaan menjadi sulit, terlebih lagi mahasiswa UC Berkeley berasal dari seluruh penjuru dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kampus Virtual

"Aku pun berpikir, oh oke kenapa tidak dibangun kampus virtual. Sekaligus mengundang alumni lain dan masyarakat untuk melihat seperti apa situasi disana," kata Bjorn Lustic yang dilansir dari laman ABC 7 News.

Lustic menambahkan, pengalaman sebagai anggota Cal Marching Band membuatnya terbangu menggambarkan situasi dalam kampus. Ia pun dibantu sejumlah relawan, ahli IT,dan gammers untuk menyusun Blockeley Music Festival.

 

3 dari 5 halaman

4500 Penonton

Hanya 4.500 penonton Blockeley Music Festival yang diizinkan menggunakan Minecraft ini untuk menjamin pengalaman dalam pertandingan dan live streaming yang lancar.  

Sederet musisi dunia akan mengisi acara ini. Dikutip dari laman penyelenggara blockeley.com, musisi yang akan mengisi acara diantaranya Merk & Kremont, Vini Vici, Shaun Frank, Matroda, EDX, Brooks, Tokyo Machine dan beberapa musisi lain.

 

4 dari 5 halaman

Duo DJ Indonesia

BEAUZ, duo DJ yang digawangi kakak beradik Bernie dan Johan Yang juga akan mengisi gelaran acara. BEAUZ mengungkapkan, mereka memiliki kenangan tersendiri dengan kampus UC Barkely.

“Bayangkan sebuah replika satu banding satu dari kampus tercinta dalam bentuk virtual untuk merayakan wisuda angkatan 2020 di seluruh dunia. Tentu saja kami akan melakukan apa pun yang bisa di lakukan. Dan kami pun bakal mewujudkannya,” kata Johan Yang yang menjadi juru bicara BEAUZ sekaligus alumni UC Berkeley.

 

5 dari 5 halaman

Berbagi Impian

BEAUZ (dibaca: bowz) adalah duo DJ/produser yang terdiri dari kakak beradik Bernie dan Johan Yang. Berbasis di Los Angeles dan San Francisco, dengan akar dari Indonesia dan Taiwan. Mereka berbagi impian menyatukan budaya dan menciptakan dampak positif di dunia melalui musik.

BEAUZ mendominasi 2018 dengan remix yang tak terhitung jumlahnya di kanal Youtube dan akhirnya remixnya dirilis secara resmi di berbagai label besar untuk artis ternama, termasuk Zedd (Happy Now - BEAUZ Remix - dimainkan oleh Zedd sendiri di Panggung Utama UMF 2019), Cash Cash, Galantis, Tritonal, Sandro Cavazza, Witt Lowry & Ava Max, dll.

Pada Maret 2019, keduanya telah mengumpulkan 190+ juta total stream di berbagai platform, termasuk 130+ juta stream pada platform mendengarkan musik China, NetEase Music.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.