Sukses

Menyentuh, YouTuber Eun Chan Pamit lewat Vlog Empat Hari Sebelum Meninggal

Dalam video itu, YouTuber Korea Eun Chan menyebutkan bahwa dirinya telah sadar waktunya di dunia ini sudah tak lama lagi.

Liputan6.com, Seoul - Di era digital seperto sekarang, sudah jamak rasanya bila seseorag membagikan kepingan cerita hidupnya lewat vlog. Namun YouTuber Eun Chan yang dikenal lewat akunnya, Jiguin, tak hanya membagikan momen indah dan bahagia dalam hidupnya.

Eun Chan juga membagikan perjuangannya melewati masa sulit, saat ia menderita sakit kanker saluran empedu.

Bahkan Eun Chan juga menyempatkan diri merekam video terakhirnya, pamit kepada pemirsa setianya, hanya empat hari sebelum meninggal dunia. Dalam video itu, ia menyebutkan bahwa dirinya telah sadar waktunya di dunia ini sudah tak lama lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lemah

Video yang diunggah pada 2 Mei tersebut, ia beri nama "#49 Diary Perjuangan Melawan Kanker. Dalam unggahan tersebut Eun Chan masih tersenyum lebar meski tubuhnya terlihat sangat kurus dan suaranya terdengar lemah.

"Sekarang aku sulit berbicara dengan jelas. Aku harap kalian masih bisa mengerti [perkataanku]. Belakangan ini, aku pikir aku sudah hampir [berpulang]," tuturnya, seperti dilansir dari KStarlive dan Allkpop.

3 dari 5 halaman

Mengerahkan Tenaga

"Berjuang melawan penyakit ini adalah sesuatu yang sangat sulit, tapi hatiku sekarang ikhlas. Aku dulu ingin menyapa kalian dengan cantik setelah keluar dari rumah sakit, tapi kini aku mengerahkan seluruh tenagaku yang tersisa untuk memberikan update ini," kata dia lagi.

4 dari 5 halaman

Meninggal Dunia

Empat hari setelah video ini diunggah, Eun Chan diketahui meninggal dunia. Hal ini diketahui dari tulisan sang adik di kolom komentar pada 7 Mei lalu.

"Perkiraan kakakku benar, ia mengatakan akan berpulang pada hari yang memiliki cuaca cerah. Aku memang tidak mengenal kalian tapi aku menunduk berterima kasih atas dukungan hangat dan belasungkawa dari kalian. Aku yakin kakakku juga bahagia," tulisnya.

 

5 dari 5 halaman

Sakit Kanker

Sebelum meninggal, Eun Chan dikenal dengan unggahannya yang membahas tentang kehidupan orang Korea yang tinggal di Jepang. Pada 12 April 2019, Eun Chan mengungkap kepada subscribers-nya bahwa ia menderita sakit serius ini. Ia kemudian mulai mengunggah perjalanannya melawan penyakit ini di vlog-nya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini