Mira Lesmana Ungkap Dampak Corona Covid-19 di Industri Film, Produser Rugi Miliaran Rupiah

Oleh Wayan Diananto pada 13 Mei 2020, 12:40 WIB
Diperbarui 13 Mei 2020, 12:40 WIB
Mira Lesmana
Perbesar
Mira Lesmana (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Wabah Corona Covid-19 meluas di Indonesia. Status tanggap darurat dan pembatasan sosial berskala besar pun diperpanjang. Ini berdampak ke berbagai sektor industri termasuk film. Mira Lesmana membenarkan.

Mira Lesmana menyebut, sejumlah syuting film layar lebar terpaksa berhenti. Kondisi ini diperparah dengan tutupnya jaringan bioskop hingga batas waktu yang tak ditentukan.

Akibatnya, jadwal tayang puluhan film Indonesia yang siap tayang di bioskop terkoreksi. Mira Lesmana menyebut, kerugian yang menimpa sejumlah rumah produksi mencapai miliaran rupiah.

2 dari 5 halaman

Kondisi Miles Films

[Bintang] Mira Lesmana
Perbesar
Media visit pemain film Kulari Ke Pantai (Daniel Kampua/bintang.com)

Mira Lesmana pun buka kartu soal kondisi perusahaan yang dipimpinnya, Miles Films. “Saya harus bilang kondisi Miles Films mendingan karena kami punya dua proyek layar lebar tahun ini dan belum mulai syuting,” ujar Mira Lesmana.

Berbincang dengan Showbiz Liputan6.com via telepon, baru-baru ini, Mira Lesmana menjelaskan, kedua proyek tersebut disutradarai Teddy Soeriaatmadja dan Riri Riza.

3 dari 5 halaman

Pasti Rugi Lebih Besar

[Bintang] Mira Lesmana - Riri Riza
Perbesar
Preskon film Milly dan Mamet (Adrian Putra/bintang.com)

Produser Laskar Pelangi dan Ada Apa Dengan Cinta? ini belum bisa sebut judul. “Bayangkan kalau syuting sudah berjalan separuh lalu mandek karena wabah Corona Covid-19, pasti ruginya lebih besar,” Mira Lesmana menyambung.

Penulis lagu “Ekspresi” dan “Dunia Boleh Tertawa” itu juga bersimpati kepada sejumlah produser yang terpaksa mengoreksi jadwal tayang lantaran bioskop ditutup sementara akibat wabah Corona Covid-19.

4 dari 5 halaman

Pasti Sampai Miliaran

Nostalgia Masa SMA di Film Bebas
Perbesar
Produser Mira Lesmana saat jumpa pers film "bebas" di Jakarta, Rabu (18/09/2019). Film "bebas" akan tayang di bioskop pada 3 Oktober 2019, Film ini akan membawa penonton bernostalgia ke masa SMA dengan kisah cinta, pertemanan dan kenakalan-kenakalan remaja saat itu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

“Bioskop tutup, sementara promosi film sudah setengah jalan. Kalau ditanya kerugian, saya enggak mungkin bicara jutaan. Pasti sampai miliaran (rupiah). Makin lama wabah bergulir, makin parah kerugiannya,” beber Mira Lesmana.

Ia menambahkan, “Saya bisa bilang kami masih aman karena dua proyek layar lebar kami masih di tahap praproduksi. Belum semua pemain dan kru teken kontrak kerja.”

5 dari 5 halaman

Ini Jelas Berat

[Bintang] Mira Lesmana
Perbesar
Preskon film Milly dan Mamet (Adrian Putra/bintang.com)

Lebih lanjut Mira Lesmana menyebut, jumlah karyawan Miles Films tidak sebanyak rumah produksi lain.

“Hanya sekitar 18 sampai 20 orang mungkin. Saya enggak terbayang kalau jumlahnya sampai seratusan. Ini jelas berat,” pungkas Mira Lesmana.

Mira Lesmana berharap pemerintah bergerak cepat merespons sekaligus menekan dampak wabah Corona Covid-19. Ia pun mengimbau masyarakat disiplin menerapkan langkah pencegahan penularan Covid-19.

Lanjutkan Membaca ↓