Sukses

Mira Lesmana Ungkap Dampak Corona Covid-19 di Industri Film, Produser Rugi Miliaran Rupiah

Mira Lesmana berbagi cerita soal dampak serius wabah Corona Covid-19 terhadap industri film Indonesia. Kerugian mencapai miliaran rupiah.

Liputan6.com, Jakarta - Wabah Corona Covid-19 meluas di Indonesia. Status tanggap darurat dan pembatasan sosial berskala besar pun diperpanjang. Ini berdampak ke berbagai sektor industri termasuk film. Mira Lesmana membenarkan.

Mira Lesmana menyebut, sejumlah syuting film layar lebar terpaksa berhenti. Kondisi ini diperparah dengan tutupnya jaringan bioskop hingga batas waktu yang tak ditentukan.

Akibatnya, jadwal tayang puluhan film Indonesia yang siap tayang di bioskop terkoreksi. Mira Lesmana menyebut, kerugian yang menimpa sejumlah rumah produksi mencapai miliaran rupiah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kondisi Miles Films

Mira Lesmana pun buka kartu soal kondisi perusahaan yang dipimpinnya, Miles Films. “Saya harus bilang kondisi Miles Films mendingan karena kami punya dua proyek layar lebar tahun ini dan belum mulai syuting,” ujar Mira Lesmana.

Berbincang dengan Showbiz Liputan6.com via telepon, baru-baru ini, Mira Lesmana menjelaskan, kedua proyek tersebut disutradarai Teddy Soeriaatmadja dan Riri Riza.

3 dari 5 halaman

Pasti Rugi Lebih Besar

Produser Laskar Pelangi dan Ada Apa Dengan Cinta? ini belum bisa sebut judul. “Bayangkan kalau syuting sudah berjalan separuh lalu mandek karena wabah Corona Covid-19, pasti ruginya lebih besar,” Mira Lesmana menyambung.

Penulis lagu “Ekspresi” dan “Dunia Boleh Tertawa” itu juga bersimpati kepada sejumlah produser yang terpaksa mengoreksi jadwal tayang lantaran bioskop ditutup sementara akibat wabah Corona Covid-19.

4 dari 5 halaman

Pasti Sampai Miliaran

“Bioskop tutup, sementara promosi film sudah setengah jalan. Kalau ditanya kerugian, saya enggak mungkin bicara jutaan. Pasti sampai miliaran (rupiah). Makin lama wabah bergulir, makin parah kerugiannya,” beber Mira Lesmana.

Ia menambahkan, “Saya bisa bilang kami masih aman karena dua proyek layar lebar kami masih di tahap praproduksi. Belum semua pemain dan kru teken kontrak kerja.”

5 dari 5 halaman

Ini Jelas Berat

Lebih lanjut Mira Lesmana menyebut, jumlah karyawan Miles Films tidak sebanyak rumah produksi lain.

“Hanya sekitar 18 sampai 20 orang mungkin. Saya enggak terbayang kalau jumlahnya sampai seratusan. Ini jelas berat,” pungkas Mira Lesmana.

Mira Lesmana berharap pemerintah bergerak cepat merespons sekaligus menekan dampak wabah Corona Covid-19. Ia pun mengimbau masyarakat disiplin menerapkan langkah pencegahan penularan Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini