Sukses

Penyanyi R&B Ikonis Betty Wright Meninggal Dunia

Pada awal bulan ini, penyanyi Chaka Khan sempat bercuit, meminta doa atas kondisi Betty Wright.

Liputan6.com, Miami - Dunia musik kembali kehilangan satu talentanya. Betty Wright, penyanyi R&B ikonis meninggal dunia pada usia 66 tahun. 

Dilansir Antara dari Billboard, Senin (11/5/2020), ia mengembuskan napas terakhir di rumahnya yang terletak di Miami. Betty Wright diketahui mengidap penyakit kanker. 

Pada awal bulan ini, penyanyi Chaka Khan sempat bercuit, meminta doa atas kondisi Betty Wright.

"Memanggil semua #PejuangDoaKu | Saudari tersayangku Betty Wright @MsBettyWright, kini tengah butuh doa kita semua," tulis Chaka Khan pada 3 Mei lalu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejak Balita

Terlahir dengan nama Bessie Regina Norris, Wright mengadopsi nama panggungnya ketika dia masih kecil. Bersama saudara-saudaranya dalam grup vokal Echoes of Joy, dia mulai aktif bernyanyi di gereja. Grup ini merilis album pada tahun 1956, ketika dia berusia tiga tahun.

Betty Wright beralih dari gospel ke R&B pada usia 11 tahun dan mulai bernyanyi di pertunjukan bakat lokal di Miami. Ia kemudian dikontrak dengan Deep City Records ketika berusia 12 tahun.

3 dari 5 halaman

Clean Up Woman

Album pertamanya, "My First Time Around," dirilis ketika dia berusia 14 dan termasuk hit Top 40. Namanya meroket lewat lagu "Clean Up Woman" dari album keduanya, I Love the Way You Love yang diluncurkan pada 1971. "Clean Up Woman"

Album ini laris manis, terjual sebanyak satu juta kopi. "Clean Up Woman" juga masuk dalam tangga lagu Billboard di peringkat ke-49 pada tahun 1972. 

4 dari 5 halaman

Piala Grammy

Bertahun-tahun kemudian, Wright menulis lagu bernuansa  disko "Where Is the Love" bersama dengan Harry Wayne Casey dan Richard Finch dari KC & the Sunshine Band.

Dia memenangkan Grammy untuk lagu R&B Terbaik pada 1975 lewat lagu ini. Selain piala ini, sepanjang kariernya ia juga meraih enam nominasi lain. 

5 dari 5 halaman

Tetap Aktif

Pada 2000-an, Betty Wright tampi di acara "Making the Bank," membimbing kelompok muda Danity Kane. Dia juga melakukan produksi vokal untuk artis lain, termasuk Jennifer Lopez, Gloria Estefan dan Joss Stone.

Pada tahun 2005, ia dinominasikan untuk album pop terbaik di Grammy lewat album Stone Mind Body & Soul" yang turut ia produksi. 

 

(Antaranews.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini