Reza Rahadian Ingin Bertemu Wishnutama dan Nadiem Makarim, Ada Apa?

Oleh Wayan Diananto pada 10 Mei 2020, 11:30 WIB
Diperbarui 10 Mei 2020, 11:30 WIB
[Fimela] Reza Rahadian
Perbesar
Merespons wabah Corona Covid-19 yang meluas di Tanah Air, Reza Rahadian ingin bertemu Wishnutama dan Nadiem Makarim. (Daniel Kampua/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta Wabah Corona Covid-19 meluas di Tanah Air, jumlah kasusnya mencapai 13 ribu. Wabah ini berdampak di seluruh sektor industri termasuk seni. Reza Rahadian mengingatkan, pekerja seni yang dimaksud bukan hanya penyanyi, bintang film, sinetron, dan presenter.

“Ada industri panggung, yang enggak boleh dilewatkan. Pekerja seni panggung juga hidup dari pertunjukan,” terang Reza Rahadian. Kalau tak ada pertunjukan yang digelar, maka mereka tidak punya penghasilan.

Reza Rahadian berharap pemerintah memperlihatkan kepedulian pada mereka. Kabar terakhir yang didengar Reza Rahadian, para pekerja seni telah mengisi formulir untuk mendapatkan bantuan.

2 dari 5 halaman

Dua Kementerian

[Fimela] Reza Rahadian
Perbesar
Reza Rahadian. (Daniel Kampua/Fimela.com)

Bentuk bantuannya seperti apa, masih terus dicermati sang bintang film Habibie dan Ainun serta My Stupid Boss. Industri seni termasuk film dipayungi dua kementerian yakni Pendidikan dan Kebudayaan serta Pariwisata Ekonomi Kreatif.

“Kedua kementerian ini mendata ulang pekerja seni yang benar-benar butuh di satu pintu. Jadi dengan pendataan konkret kita tahu siapa-siapa yang butuh bantuan,” Reza Rahadian berharap.

3 dari 5 halaman

Solidaritas dan Kebersamaan

[Fimela] Reza Rahadian
Perbesar
Reza Rahadian (Adrian Putra/Fimela.com)

Pelantun “Pekat” ini bersyukur, sejumlah organisasi memberikan bantuan secara mandiri buat para pekerja seni.

“Kemarin saya menginisiasi gerakan dari pekerja seni untuk pekerja seni menggandeng kitabisa.com. Selain itu dari PARFI, dan RAI. Tidak menjadi anggota di keduanya, tapi menurut saya ini bukan lagi soal siapa anggota, benderanya apa. Ini soal solidaritas, kebersamaan kita,” ia menyambung.

4 dari 5 halaman

Kartu Prakerja dan Dana

Kemenparekraf Matangkan Insentif bagi Sektor Parekraf yang Terdampak Covid-19, Apa Saja Bentuknya?
Perbesar
Menparekraf Wishnutama Kusubandio. (dok. Biro Humas Kemenparekraf/Dinny Mutiah)

Mengingat wabah meluas dan berlarut-larut, Reza Rahadian berharap pemerintah bertindak taktis. “Kita butuh lebih besar dari itu, khususnya bantuan dari pemerintah. Ada kartu prakerja, bantuan berupa pelatihan dan ada dana,” beber aktor kelahiran Jakarta, 5 Maret 1987 ini.

Terkait kartu prakerja, Reza Rahadian mengingatkan bentuk pelatihan seperti apa yang akan diberikan kepada para pekerja seni. “Itu harus dipikirkan. Hal-hal seperti itu payungnya ada di Kemendikbud dan Kemenparekraf karena mereka yang menaungi kita,” ujar peraih empat Piala Citra itu.

5 dari 5 halaman

Wishnutama dan Nadiem

Nadiem Makarim
Perbesar
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Karenanya, Reza Rahadian ingin bertemu langsung dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim. Ia juga ingin berdiskusi langsung dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Wishutama.

“Saya tertarik berdiskusi dengan dua kementerian ini, mau Pak Wishnutama atau Pak Nadiem Makarim ayo, kita ngobrol konkret. Pengin banget bisa mengobrol dengan mereka,” Reza Rahadian berharap.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa