Sukses

6 Fakta Film Start-up yang Box Office, Dibintangi Park Jung Min dan Jung Hae In

Akhir 2019, Korea Selatan dihebohkan dengan film box office Start-up. Kini Start-up menyapa Indonesia. Ini 6 fakta menariknya.

Liputan6.com, Jakarta Saat pembatasan sosial berskala besar diterapkan dan kerinduan menonton film di bioskop membuncah, aplikasi film bisa dijadikan ruang menonton alternatif. KlikFilm misalnya, setiap bulan menyediakan film anyar. Start-up, salah satu yang bisa ditonton di KlikFilm.

Dirlis pada Desember 2019, Start-up meledak di pasar. Film Start-up diperkuat sejumlah bintang papan atas di antaranya, Park Jung-Min, Jung Hae-In, Yum Jung-Ah, dan Kim Jong-Soo.

Start-up merupakan adaptasi dari serial webtoon karya Jo Geum San. Penasaran ingin menonton Start-up? Sebelum menonton, showbiz Liputan6.com merangkum 6 fakta menariknya untuk Anda. Selamat menyimak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Garis Cerita Start-up

Start-up kisah tentang Taek Il (Park Jung-Min) dan ibunya (Yum Jung-Ah) yang membuka warung sendiri. Suatu hari, Taek Il memakai uang pemberian ibunda untuk beli sepeda motor seken lalu kebut-kebutan bareng Sang Pil (Jung Hae-In). Mereka diciduk polisi.

Taek Il lalu minggat dan bekerja sebagai petugas pesan antar restoran Kong (Kim Jong-So). Ia berteman dengan juru masak Geo Seok (Ma Dong Seok) dan Bae Gu-Man (Kim Kyung-Duk). Di sisi lain, Sang Pil menjadi lintah darat yang hendak menggusur warung ibu Taek Il.

3 dari 7 halaman

2. Bukan Murid Yang Baik

Diwawancara Kim Boram dari Yonhap News Agency, Park Jung Min menyebut Taek Il mirip dengannya. Park Jung Min yang debut lewat film indi terpuji Bleak Night (2011) memberi ulasan.

“Sifat Taek-il sebenarnya sangat mirip dengan saya. Saya pun dulu bukan siswa yang baik. Saya siswa bandel, suka unjuk gigi dan menerobos aturan sekolah. Dan sekarang saya masih seperti itu,” urainya.

4 dari 7 halaman

3. Versi Komik Beda Dengan Film

Start-up merupakan adaptasi dari komik kartun. Memproyeksikan cerita komik kartun ke layar lebar bukan tanpa konsekuensi. Park Jung Min, mengakui ada sejumlah perbedaan antara kartakter Taek Il versi kartun dan film.

“Di kartun original, Taek Il lebih lemah. Tapi di film, Taek Il digambarkan berkembang di fase remaja selama sekitar 2 jam. Ia lebih menyenangkan dan mudah dicintai sejak awal film,” jelas Park Jung Min yang tampil gemilang di film Keys to the Heart dan Svaha: The Sixth Finger.

5 dari 7 halaman

4. Karakter Lajang Terakhir

Aktor Jung Hae In menyebut Sang Pil yang diperankannya mudah memenangkan hati penonton mengingat tokoh ini berjuang keras untuk merawat neneknya. Sang nenek sakit dan mulai pikun. Meski demikian, ia mengisyaratkan Sang Pil menjadi tokoh remaja dewasa terakhirnya.

“Usia saya kini tiga puluh sekian. Saya tahu Sang Pil jadi karakter remaja terakhir yang saya mainkan. Karenanya saya berusaha keras menghidupkan tokoh ini,” ujar Jung Hae In ketika diwawancara media, tahun lalu.

 

6 dari 7 halaman

5. Ingin Mewakili Sebuah Generasi

Jung Hae In mengaku tak punya alasan khusus menerima tawaran main film Start-up. “Saya tak punya kriteria khusus soal karakter di serial drama atau film. Saya terima tawaran peran apapun yang diberikan ke saya. Untuk drama berikutnya, saya ingin memerankan seorang programmer,” ujar Jung Hae In.

“Saya ingin menjadi aktor yang mewakili sebuah generasi. Sekarang saya masih muda, makanya memerankan karakter young-adult. Beberapa tahun lagi saya akan memainkan tokoh sesuai rentang usia,” imbuhnya.

7 dari 7 halaman

6. Mencetak Box Office

Start-up yang bisa ditonton lewat aplikasi KlikFilm, salah satu film terlaris 2019. Dalam 11 hari, karya sineas Choi Jeong Yeol ini menyerap 2 juta penonton lebih. Mengutip data dari Box Office Mojo, Start-up yang dirilis 18 Desember 2019, menyerap total gross 24 juta dolar AS (sekitar 336 miliar rupiah).

Pendapatan fantastis ini didapat dari peredaran di 1.046 layar bioskop. Start-up film terlaris ke-21 di Korea Selatan tahun lalu. Posisi puncak, kala itu diduduki Extreme Job. Membayangi Extreme Job, Avengers: Endgame di posisi runner-up.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.