Sukses

Ferdian Paleka Ditangkap Polisi, Jumlah Follower-nya di Instagram Anjlok

Karma datang dalam hitungan hari. Jumat (8/5/2020) dini hari, Ferdian Paleka di tangkap tim Polrestabes Bandung di tol Merak Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta Karma datang dalam hitungan hari. Jumat (8/5/2020) dini hari, YouTuber Ferdian Paleka ditangkap tim Polrestabes Bandung di tol Merak Tangerang. Penangkapan diwarnai teriakan dan bentakan dari pihak aparat.

“Diam diam diam kamu! Diam dulu! Keluar keluar, turun kamu woi, turun turun!” teriak seorang aparat meminta Ferdian Paleka dan beberapa kawannya keluar dari mobil.

Sejumlah umpatan mewarnai penangkapan Ferdian Paleka di jalanan. Anggota kepolisian sekaligus selebgram Muhammad Gariz Luis Ma'luf mengumumkan penangkapan Ferdian Paleka pada hari yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sudah 30 Ribu Follower?

Masyarakat menyambut hangat penangkapan YouTuber yang kemudian menjadi buronan polisi. Tak sedikit pula yang mempertanyakan, saat Ferdian Paleka ditangkap, apakah jumlah pengikutnya di Instagram telah mencapai 30 ribu?

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Senin (4/5/2020), Ferdian Paleka mengaku siap meminta maaf di muka publik dan rela menyerahkan diri ke polisi. Namun dengan satu syarat.

 

3 dari 5 halaman

Bantah Pansos

Gw minta maaf buat semua orang yang tersinggung atas video saya. Gw bener-bener ga tau sekarang harus ngapain,” tulis Ferdian Paleka di akun Instagram @ferdianpalekka yang diikuti 16 ribuan orang.  

Tembus 30 ribu followers gw bakal nyerahin diri ke kepolisian,” ia menyambung sembari membubuhkan emotikon tangan menjura. Mengajukan syarat jumlah pengikut minimal, Ferdian Paleka kala itu membantah tengah panjat sosial alias pansos.

4 dari 5 halaman

Mengaku Lagi Down

Gue bukan mau pansos atau apapun itu. Gue benar-benar lagi down sekarang dan enggak tahu harus berbuat apa. Intinya tembus 30K followers, gue bakal langsung nyerahin diri ke kepolisian,” ia menegaskan.

Menilik akun Instagramnya saat ini, Showbiz Liputan6.com mendapati dua fakta menarik. Pertama, akun Instagram @ferdianpalekka ganti nama menjadi @ferdianpalekaaa. Kedua, jumlah pengikutnya malah anjlok. Dari semula 16 ribuan, menjadi 12.500-an. Jauh dari target 30 ribu yang dipasang di awal. 

5 dari 5 halaman

Turun Tajam

Sentimen negatif khalayak terhadap perilaku Ferdian Paleka diduga jadi penyebab. Bahkan dua hari sebelum penangkapan, kami mendapati jumlah pengikut Ferdian Paleka di Instagram turun tajam, dari 16 menjadi 10 ribuan.

Ferdian Paleka dikecam publik setelah mengunggah video bertajuk “Prank Kasih Makanan Ke Banci CBL” di kanal YouTube awal bulan ini. Kontennya, aksi sosial abal-abal berbagi paket sembako isi sampah kepada para waria di jalanan kota Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.