6 Lagu Didi Kempot yang Dikenal Hingga Mancanegara

Oleh Sapto Purnomo pada 06 Mei 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 06 Mei 2020, 20:03 WIB
[Fimela] Didi Kempot
Perbesar
Didi Kempot telah menyiapkan film sebelum meninggal dunia (Instagram/didikempot_official)

Liputan6.com, Jakarta - Maestro campursari Didi Kempot meninggal dunia akibat penyakit jantung, Selasa (5/5/2020) pagi. Didi Kempot mengembuskan napas terakhir di usia 53 tahun, setelah mendapatkan penanganan medis di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, karena sempat tak sadarkan diri.

Semasa hidupnya, pemiliki nama asli Dionisius Prasetyo ini telah menelurkan 23 album dan ratusan judul lagu yang mayoritas menceritakan tentang kekecewaan karena cinta alias patah hati.

Tak hanya disukai di dalam negeri, beberapa lagu milik Didi Kempot juga disukai pencinta musik luar negeri. Berikut beberapa lagu Didi Kempot disukai oleh pencinta musik mancanegara.

 

 

2 dari 7 halaman

1. Cidro

Didi Kempot
Perbesar
Didi Kempot saat tampil di Pura Mangkunegaran, Solo, Sabtu, 7 September 2019 (Dok.Instagram/@didikempot_official/https://www.instagram.com/p/B2Jf2dKAnpB/Komarudin)

Lagu "Cidro" yang masuk dalam album pertama Didi Kempot pada 1989, merupakan kisah nyata yang pernah dialami oleh pria yang dijuluki The Godfather of Broken Heart. Setelah diaransemen ulang, lagu tersebut ternyata tak hanya disukai di Tanah Air namun juga mancanegara.

Bahkan Didi Kempot beberapa kali memenangi anugerah musik nasional di Suriname.

3 dari 7 halaman

2. Layang Kangen

[Fimela] Didi Kempot
Perbesar
Didi Kempot acara Shopee 12.12 (Bambang E Ros/Fimela.com)

Lagu "Layang Kangen" dibuat Didi Kempot pada 1996. Lagu tersebut direkam di Rotterdam, Belanda. Ternyata lagu tersebut mendapat tempat bagi pencinta musik Negara Kincir Angin.

4 dari 7 halaman

3. Stasiun Balapan

Didi Kempot Meriahkan Shopee 12.12 Birthday Sale
Perbesar
Penampilan penyanyi campursari Didi Kempot dalam Shopee 12.12 Birthday Sale di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Pria yang dijuluki The Godfather of Broken Heart tersebut membawakan lagu Pamer Bojo, Sewu Kutho, Bayu Langit, dan lain-lain. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Siapa yang tak tahu lagu "Stasiun Balapan" yang dipopulerkan oleh Didi Kempot pada 1998. Lagu tersebut membuat Didi Kempot terkenal seantero Tanah Air. Tak hanya dikenal dii Tanah Air, lagu tersebut juga dikenal hingga mancanegara.

5 dari 7 halaman

4. Joget Sikep

Didi Kempot Akan Dimakamkan di Ngawi, Ini 4 Fakta Pemakamannya
Perbesar
Didi Kempot meninggal dunia. (Sumber: Instagram.com/ didikempot_official)

Lagu lainnya milik Didi Kempot yang dikenal hingga mancanegara adalah "Joget Sikep". Lagu itu dibuat Didi Kempot terinspirasi dari gaya joget orang Belanda. Setiap menyambangi Surineme dan Belanda, lagu tersebut menjadi lagu yang wajib dibawakan Didi Kempot.

6 dari 7 halaman

5. Kangen Nickerie

Didi Kempot
Perbesar
Penyanyi Didi Kempot saat menggelar konser tunggal di The Sunan Hotel Solo, Kamis malam (19/9).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Terinspirasi dari suasana di Suriname saat menginjakan kakinya di sana, Didi Kempot menciptakan sebuah lagu berjudul "Kangen Nickerie". Bebebrapa kali Didi Kempot diundang untuk tampil di Nickerie yang merupakan salah satu distrik di Suriname. Baginya tempat tersebut sangat berkesan lantaran setiap tampil ia selalu ditonton oleh petinggi negara di sana.

7 dari 7 halaman

6. Pamer Bojo

Didi Kempot Hibur Sobat Ambyar di Konser The Lord of Loro Ati
Perbesar
Penampilan penyanyi Didi Kempot saat konser 'The Lord of Loro Ati' di kawasan SCBD, Jakarta, Jumat (6/12/2019). Didi Kempot membawakan sejumlah lagu hits seperti Suket Teki dan Banyu Langit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Salah satu lagu Didi Kempot yang saat ini tengah digemari "Pamer Bojo" ternyata juga disukai oleh pencinta musik mancanegara. Seorang wanita asal Amerika bernama Kristin D terlihat membawakan dengan lancar lagu Didi Kempot tersebut saat berada di mobilnya. Video tersebut juga sempat ramai dibicarakan warganet.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓