Sukses

Didi Kempot Meninggal, 5 Mei Jadi Hari Ambyar Sedunia

Didi Kempot meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah, 5 Mei 2020. Warganet menetapkan tanggal itu sebagai Hari Ambyar Sedunia.

Liputan6.com, Jakarta Didi Kempot meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Jawa Tengah, pada 5 Mei 2020, sekitar pukul 7.30 pagi. Kabar duka ini dengan cepat menyebar dan menjadi isu nasional.

Tak hanya rekan artis, sejumlah politikus menyatakan duka cita atas kepergian Didi Kempot. Salah satu yang viral di jagat maya, beberapa jam setelah Didi Kempot meninggal dunia, cara unik Wikipedia Indonesia menyampaikan bela sungkawa.

Diunggah pada 5 Mei siang, akun Twitter terverifikasi tersebut mengutip lirik gubahan Didi Kempot. Lirik lagu "Ambyar" karya Didi Kempot itu menyiratkan luka hati yang sangat dalam akibat ditinggal pergi orang yang dicintainya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ungkapan Duka Wikipedia Indonesia

"Wis ambyar, lara sing tak rasakke. Kowe lunga ninggalke aku neng kene. Didi Kempot 1966-2020 (Sudah hancur lebut, sakit yang kurasakan. Engkau pergi meninggalkan aku di sini)," demikian Wikipedia Indonesia mengutip.

Hingga artikel ini disusun, status teks tersebut dicuit ulang hingga hampir 7.000 kali. Lebih dari 16 ribu orang menyukainya. Ribuan orang merespons di kolom reply.

3 dari 5 halaman

Hari Ambyar se-Indonesia

Yang menarik, seorang warganet mengusulkan agar tanggal 5 Mei ditetapkan sebagai Hari Ambyar Sedunia. Cuitan ini kemudian terhapus namun beberapa warganet merespons. 

"Enggak diganti saja jadi Hari Ambyar se-Indonesia?" usul warganet lain. Yang lain mengingatkan, "Pak Dhe (Didi Kempot -red.) sudah mendunia, Mas. Sobat Ambyar tak hanya di Indonesia."

4 dari 5 halaman

Sobat Ambyar Cabang Amerika

Seperti diketahui, sejumlah lagu karya Didi Kempot menggema hingga ke luar negeri. Di Belanda dan Suriname misalnya, tembang "Layang Kangen" serta "Cidro" menjadi hit besar.

Pada 19 April 2020 lalu, viral cuplikan video yang menampilkan cewek bule di dalam mobil dengan fasih mendendangkan lagu "Pamer Bojo." Warganet menyebutnya Sobat Ambyar cabang Amerika Serikat.

5 dari 5 halaman

Terima Kasih Untuk Karyamu

Merespons kepergian Sang Maestro Musik Campursari, seorang warganet menghaturkan terima kasih atas karya-karyanya yang enak didengar serta memiliki lirik menyentuh. 

"Karyane sampean enak-enak matur sembahnuwun kulo haturaken. Dunganepun kulo mugi-mugi amal ibadah e panjenengan Alm. Didi kempot ditompo kaleh GUSTI kang moho kuoso (Karyamu enak didengar, terima kasih saya ucapkan. Doa saya semoga amal ibadahmu Alm. Didi Kempot diterima Tuhan Yang Mahakuasa," ujar warganet tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini