Sukses

Potret Rumah Ustaz Yusuf Mansur Nyaman, dan Banyak Pohon

Ustaz Yusuf Mansur memiliki makna dengan menanam banyak tanaman.

Liputan6.com, Jakarta Ustaz Yusuf Mansur memimpikan memiliki rumah seperti surga. Ustaz Yusuf Mansur memiliki prinsip sederhana dengan meletakkan tanaman di setiap sudut rumah. 

Taman belakang rumah Yusuf Mansur terlihat begitu asri dan sejuk, dengan dipadu kolam ikan yang menambah kesegaran. 

Sejak rumah masih sangat kecil, kebiasaan Yusuf Mansur masih terjaga hingga kini. Dia meyakini bahwa tanaman dan peliharaan akan ikut membantu mendoakan sang pemilik rumah. Ingin tahu potret rumah Ustaz Yusuf Mansur yang nyaman banget? Berikut ulasannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Tempat Sederhana untuk Bersantai

Tepat di halaman belakang rumah, Ustaz Yusuf Mansur menyediakan kursi dan meja plastik untuk bersantai melihat taman indahnya. Begitu nyaman di sore hari menanti senja sembari mendengar gemercik air di kolam ikannya.

 

3 dari 11 halaman

Penuh Tanaman Sayuran

Ustaz Yusuf Mansur mengunggah video memperlihatkan keliling tamannya yang penuh dengan pollybag berisi sayuran. Dia juga mengajak untuk memulai dari hal sederhana ini untuk berhemat. 

Beberapa sayuran dengan jenis yang mudah tumbuh dan panennnya, seperti tomat, cabai, sawi, daun bawang, seledri dan masih banyak lagi.

 

4 dari 11 halaman

Penuh Bibit Buah

Selain sayuran untuk kebutuhan sehari-hari, Ustaz Yusuf Mansur juga menyiapkan bibit buah durian dan cermai di pot kecil. Pohon yang sudah cukup besar, dipindahkan ke tanah langsung, seperti pisang dan alpukat.

 

5 dari 11 halaman

Dimana-mana Penuh Tanaman

Ayah lima anak ini begitu menyukai rumah yang dipenuhi tanaman. Tidak tanggung-tanggung, hingga dia menempatkan pot berjajar di samping pembuangan AC. 

"Pokoknya nggak dibiarin kosong, tanamin kunyit, apa segala macam," ujar Yusuf.

 

6 dari 11 halaman

Depan Jendela Ruang Kerja

Supaya mendapatkan ketenangan dan inspirasi dalam bekerja, Ustaz Yusuf juga meletakkan pot-pot kecil di samping jendela lantai duanya. Masih sama, dia menanam beberapa rempah seperti kunyit.

 

7 dari 11 halaman

Tanaman Menjalar

Begitu penuhnya, hingga tanaman menjalar dapat tumbuh subur di pagar dan setiap pohon besarnya. Yusuf Mansur juga berencana mengikatkan pot di sepanjang pagar lantai duanya.

 

8 dari 11 halaman

Kuncinya Selalu Dishalawatin

Beberapa kali Yusuf Mansur mengingatkan untuk selalu istighfar seribu kali, serta baca shalawat seribu kali. Barulah memohon kenikmatan dunia dengan suburnya tanaman yang dirawat. 

Setiap tanaman yang baik akan membantu mendoakan sang pemilik rumah, supaya dilancarkan rejeki dan dimudahkan punya rumah yang lebih besar lagi.

"Prinsipnya kan sederhana. Bersyukur. Nanti ditambah segala nikmat," kata UYM.

 

9 dari 11 halaman

Pot Sederhana dari Gelas Bekas

Sembari menjelaskan cara bercocok tanam, Yusuf Mansur memberi motivasi untuk tidak memenjarakan diri dengan pesimis. Jika tidak punya banyak modal untuk beli pot, bisa menggunakan gelas bekas air mineral atau dari ngopi di kafe.

 

10 dari 11 halaman

Keseruan Tersendiri

Menanam dan merawatnya merupakan keseruan tersendiri bagi pria berusia 43 tahun ini. Yusuf Mansur ingin lahannya jadi hijau semua. Bagi yang tidak memiliki lahan luas, bisa memanfaatkan dinding sebagai gantungan pot. 

"Asyik kan? Teman-teman pasti bisa, nggak ada yang nggak bisa. Biar hijau semua lahannya," ujar Yusuf.

 

11 dari 11 halaman

Membawa Berkah bagi Keluarga

Seluruh tanaman yang dirawat oleh Yusuf Mansur benar-benar memberi berkah, baik secara fisik maupun non fisik. Di sisi lain, keluarga bisa menjadi lebih hemat dari hasil panen sendiri. 

Memberi manfaat lain bagi kesehatan, kesejukan, dan kenyamanan di rumah. Setiap sudut benar-benar bisa dimanfaatkan oleh Yusuf Mansur.

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.