Aturan Piala Oscar 2021 Diubah Gara-Gara Corona Covid-19

Oleh Liputan6.comRatnaning Asih pada 30 Apr 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 30 Apr 2020, 18:30 WIB
20170114-Iconic-Oscars-AFP1

Liputan6.com, Los Angeles - Wabah virus Corona Covid-19 berdampak kepada berbagai sendi kehidupan masyarakat, termasuk dunia sinema. Bahkan salah satu aturan mendasar dalam Piala Oscar sampai diubah. 

Sebelumnya, salah satu syarat agar sebuah film bisa dipertimbangkan sebagai pemenang Piala Oscar, adalah  harus diputar di bioskop di Los Angeles selama kurang lebih tujuh hari. Namun seperti diketahui, kini bioskop-bioskop ditutup akibat wabah Corona Covid-19.

Untuk menyiasati hal ini, sejumlah film langsung diedarkan dalam bentuk layanan streaming. Alhasil, kini Academy of Motion Pictures and Sciences mengubah peraturan Piala Oscar untuk tahun depan.

 

2 dari 5 halaman

Perubahan

Piala Oscar. (Foto: Instagram @TheAcademy)
Piala Oscar. (Foto: Instagram @TheAcademy)

Hal ini disampaikan langsung oleh Penyelenggara Oscar pada Selasa (28/4/2020) lalu. Dilansir dari Reuters, dalam keterangan resmi dari Academy of Motion Pictures and Sciences, di situ disebutkan bahwa ada perubahan persyaratan untuk tahun mendatang. 

3 dari 5 halaman

Pengecualian

20170114-Iconic-Oscars-AFP1
Seorang spesialis pembuat Piala Oscar, Paul Pisoni menunjukan Piala Oscar yang sedang dibuatnya di tempat produksi Polich Tallix Fine Art Foundry, New York, AS (13/1). Piala Oscar tersebut terbuat dari perunggu dan disepuh emas 24 karat. (AFP/Don Emmert)

"Akademi yakin tidak ada cara yang lebih besar untuk merasakan keajaiban film lebih dari menontonnya di bioskop. Komitmen kami terhadap hal itu tidak berubah dan tak tergoyahkan. Meskipun demikian, pandemi COVID-19 yang tragis mengharuskan pengecualian sementara ini," kata Presiden David Rubin dan Kepala Eksekutif Dawn Hudson. 

4 dari 5 halaman

Bersaing

Bukan rahasia lagi, kemuculan platform streaming seperti Netflix, Amazon Prime, dan lainnya, membuat Hollywood harus bekerja lebih keras. Platform digital ini mampu menarik bintang-bintang besar untuk tergabung dalam proyek mereka.

5 dari 5 halaman

Roma

Pada tahun 2019, Netflix berhasil mengalahkan studio film konvensional dengan menyabet penghargaan dari film Roma sebagai film berbahasa asing terbaik 2019.

Nah, tak menutup kemungkinan juga beberapa film-film original Netflix yang tayang di tahun 2020 ini akan banyak bersaing di Academy Awards 2021 nanti yang akan dilangsungkan pada 28 Februari 2021 di Hollywood, Los Angeles.

 

(Dhimas Wahyu Nugroho/ Kapanlagi.com)

Lanjutkan Membaca ↓