Sukses

Reza Rahadian Terdampak Wabah Corona Covid-19, Tanya Kapan Bioskop Buka Lagi

Reza Rahadian salah satu pekerja seni yang terdampak wabah Corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Maret diperingati sebagai Bulan Film Nasional. Maret tahun ini menjadi Bulan Film Nasional paling kelabu. Pasalnya, pencinta sinema Indonesia tak bisa merayakannya di bioskop. Reza Rahadian membenarkan.

Reza Rahadian salah satu pekerja seni yang terdampak wabah Corona Covid-19. Reza Rahadian bercerita, saat kebijakan social distancing (menjauhi keramaian) diterapkan pemerintah, ia tengah syuting dua film.

Kedua proyek layar lebar yang melibatkan Reza Rahadian terpaksa mandek karena wabah Corona Covid-19 meluas. Produser kala itu tak mau ambil risiko mempertaruhkan kesehatan para pemain dan kru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Butuh Waktu Berapa Lama?

“Di film pertama, syuting berhenti tapi bagian saya sudah beres. Di film kedua, syuting berhenti dan adegan-adegan saya belum rampung,” beber Reza Rahadian dalam sesi wawancara khusus dengan Showbiz Liputan6.com di Jakarta, baru-baru ini.

Bintang film My Stupid Boss serta Habibie dan Ainun itu prihatin atas meluasnya wabah Corona Covid-19. Ia sempat mengobrol dengan pengusaha bioskop lalu bertanya, kira-kira butuh waktu berapa lama bagi film Indonesia untuk bangkit saat wabah sudah selesai.

3 dari 5 halaman

Daya Beli Masyarakat Anjlok

“Ada yang menjawab satu tahun. Ada yang menjawab mungkin kita butuh 1,5 sampai 2 tahun untuk kita kembali pulih,” beri tahu aktor peraih 4 Piala Citra ini.

Reza Rahadian mengingatkan, saat wabah Corona Covid-19 nanti mereda, bukan berarti segala persoalan beres. Mengingat, selama wabah melanda, daya beli masyarakat anjlok.

4 dari 5 halaman

Rasa Aman

“Nanti setelah ini semua pulih akan seperti apa? Karena daya beli pasti turun. Terus apakah mereka sudah punya kepercayaan balik duduk beramai-ramai di dalam bioskop? Itu juga pasti jadi pertimbangan,” ulas Reza Rahadian.

Begitu wabah selesai, tugas Pemerintah Indonesia dan pelaku industri adalah mengembalikan kepercayaan publik. Khususnya, soal rasa aman. Rasa aman, menurut Reza Rahadian, tak mudah dikembalikan.

5 dari 5 halaman

Perubahan Usai Wabah

“Akan butuh waktu lagi untuk bisa bersabar menghadapi situasi, justru pasca-Covid-19, karena pasti akan ada perubahan yang sangat signifikan,” Reza Rahadian menyambung.

Aktor kelahiran Jakarta, 5 Maret 1987 ini membayangkan akan ada perubahan besar setelah wabah Corona Covid-19 ditangani.

“Entah itu nanti perubahan seperti apa, saya juga belum bisa jawab. Tapi pasti ada perubahan signifikan terkait dengan wabah ini terhadap industri (film),” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini