Ratu Elizabeth II Berusia 94 Tahun, Ini 4 Rahasia Panjang Umurnya

Oleh Liputan6.com pada 25 Apr 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 25 Apr 2020, 07:00 WIB
Ratu Elizabeth II
Perbesar
Ratu Elizabeth II merupakan pemimpin terlama yang memerintah di Inggris, juga kepala dunia tertua di dunia. (Adrian DENNIS / AFP)

Liputan6.com, London - Pada 21 April 2020 lalu, Ratu Elizabeth II berulang tahun. Kini, ibunda Pangeran Charles memasuki usia 94 tahun.

Walau sudah tak muda, Ratu Elizabeth II tetap terlihat sehat dan bugar.

Bahkan, melansir Yahoo, Kamis (23/4/2020), Ratu Elizabeth II disebut telah melampaui harapan hidup rata-rata perempuan Inggris selama satu dekade.

Di usianya yang telah kepala sembilan itu, Ratu Elizabeth II juga merupakan pemimpin terlama yang memerintah di Inggris, juga kepala dunia tertua.

 

2 dari 6 halaman

Apa Rahasianya?

Ratu Elizabeth II
Perbesar
Ratu Elizabeth II saat di Royal Ascot. (Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)

Lalu apa yang dilakukan Ratu Elizabeth untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar? Berikut poin-poin yang bisa ditiru untuk menjalani hidup sehat seperti sang Ratu.

 

3 dari 6 halaman

1. Menjaga Porsi Makan

Ratu Elizabeth
Perbesar
Ratu Elizabeth II setibanya di pusat perbelanjaan Lexicon saat berkunjung ke Bracknell, London, Jumat (19/10). Ratu Elizabeth menghabiskan sebagian waktu siangnya untuk mengunjungi department store. (HENRY NICHOLLS/ POOL/AFP)

"Makan untuk hidup," itulah yang dikatakan mantan koki istana Darren McGrady kepada ReceipePlus. Ia mengatakan bahwa sang Ratu lebih memilih menyantap empat porsi makan ringan dibanding mengambil tiga porsi makan besar.

Terkait porsi makan, peneliti dari University of Cambridge menyebut bahwa porsi makan yang lebih kecil dapat membantu kita mengurangi porsi makan, hingga 25 persen.

Selain itu, berdasarkan laporan McKinsey Global Institute, mengurangi porsi makan menjadi cara efektif melawan obesitas.

 

4 dari 6 halaman

2. Batasi Konsumsi Makanan Favorit

Ratu Elizabeth II Bangkitkan Memori Perang Dunia II Saat Berpidato tentang Krisis Corona
Perbesar
Ratu Elizabeth II menyampaikan pidato tentang krisis corona COVID-19.(dok. foto Buckingham Palace/AFP)

Setiap orang tentu memiliki makanan favorit yang selalu ingin disantap, begitu juga Ratu Elizabeth II. Meski begitu saat memanjakan dirinya dengan menyantap makanan favorit, sang Ratu selalu membatasinya.

"Dia (Ratu) akan mengambil sepotong kecil (kue cokelat) setiap hari sampai akhirnya hanya ada satu bagian kecil, kamu harus tetap memberi itu kepadanya, karena dia ingin menghabiskan seluruh kue itu," jelas McGrady.

 

5 dari 6 halaman

3.Pilih Makan Ikan

Ratu Elizabeth II Resmikan Jembatan Senilai 22,6 Triliun
Perbesar
Ratu Inggris Elizabeth II saat menghadiri peresmian jembatan Queensferry, Skotlandia, Minggu (4/9). Pembangunan jembatan ini telah menghabiskan lebih dari 22,6 Triliun rupiah. (Andrew Milligan/PA via AP)

Untuk menjaga kesehatan jantungnya, Ratu Elizabeth sering menyantap sandwich salmon dengan teh dan ikan bakar untuk makan siang atau makan malamnya.

Ikan salmon, sarden dan herring disebut memiliki EPA, DHA, serta Omega-3, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, menurut penelitian, ikan berlemak yang dikonsumsi bersama diet Mediterania dan diet DASH dapat melindungi seseorang dari demensia.

 

6 dari 6 halaman

4.Teh Hitam

Ratu Elizabeth Ulang Tahun ke-93
Perbesar
Ratu Elizabeth Ulang Tahun ke-93. (Foto: pixabay)

Ratu Elizabeth II sangat menyukai Earl Grey, yang mana bisa membantu menurunkan kolesterol. Perlu diketahui, secara umum teh hitam dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko kanker ocarium, dan membantu menurunkan berat badan. (Lanny Kusumastuti/Fimela.com)

Lanjutkan Membaca ↓