Sukses

Once Mekel Mulai Cemas dengan Ekonomi Musikus dan Kru di Tengah Pandemi

Meskipun ikut terdampak, Once Mekel tetap memperhatikan para pekerja musik yang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi ekonomi yang menurun di tengah pandemi virus Corona Covid-19 juga menyerang sektor industri hiburan. Salah satu yang terdampak tentu saja para musikus, termasuk Once Mekel yang tak mendapat tawaran manggung selama sebulan ini.

Meskipun ikut terdampak, Once Mekel tetap memperhatikan para pekerja musik lain. Khususnya para kru dan teknisi yang selama ini selalu memiliki peran besar di atas panggung.

"Musisi ada dua golongan besar, yang satu agak mapan seperti teman artis yang beruntung, punya banyak simpanan tabungan. Golongan lain, teman-teman kru, teknisi, yang relatif sedikit tabungannya," ujar Once Mekel dalam sesi wawancara Live Streaming bersama Liputan6.com via Zoom, Selasa (21/4/2020) sore.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keluhan

Once ternyata kerap mendengar keluhan yang disampaikan oleh para kru, yang selama masa pandemi ini kesulitan dalam hal ekonomi.

"Teman-teman artis tak ada yang mengeluh karena baru satu bulan. Mereka punya tabungan. Tapi saya lihat kalau sampai dua, tiga bulan, bisa juga para musisi mengeluh. Kalau teman-teman kru atau teknisi sudah banyak yang mengeluh, soal kas dan sebagainya," terang Once.

3 dari 5 halaman

Tak Mendapat Pekerjaan

Once pun mengutarakan bahwa banyak teman-temannya dari kalangan musikus kafe dan sebagainya yang saat ini sedang kehilangan pekerjaan akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar.

"Scope besar sudah banyak yang kena, teman-teman yang reguler main di kafe, jadi enggak punya penghasilan. Musisi organ tunggal, nikahan kawinan, enggak bisa kerja sekarang. Semua sedang enggak dapat kerjaan," Once menyampaikan.

4 dari 5 halaman

Memperhatikan

Beruntung, Once kini sedang berada di lingkungan manajemen yang sangat memperhatikan hal-hal tersebut. Ia dan tim manajemen selalu mendukung kesejahteraan para kru dan teknisi.

"Saya sangat memperhatikan kehidupan teman-teman yang enggak punya pekerjaan. Kalau di band saya, kami memperhatikan ya. Manajemen saya kebetulan menangani beberapa artis. Dan manajemen saya sendiri sangat memperhatikan kru dan teknisi untuk memberi bantuan," ujar pria yang aktif di kepengurusan PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Penata Musik Republik Indonesia) ini.

5 dari 5 halaman

Imbauan

Sebagai musikus yang tergolong senior, Once pun tak ragu untuk mengimbau rekan-rekan sesama artis agar tak melupakan nasib para kru mereka masing-masing.

"Saya juga mengimbau agar teman-teman artis men-support kru mereka sendiri. Saya pikir kita sudah cukup untuk menggalang dana. Saya rasa tak salah kalau kita mulai dari lingkungan terdekat. Band-band, musisi yang punya banyak tabungan, harus peduli dengan teknisi dan kru yang lain," imbau Once.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini