Sukses

Once Mekel Selesaikan Satu Buku Selama Pandemi Corona Covid-19

Once Mekel mengaku bahwa selain menciptakan lagu, ia juga mengisi waktu selama pandemi ini dengan membuat buku.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah musisi mulai terkena dampak pandemi virus Corona Covid-19. Salah satunya adalah Once Mekel. Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Once justru melihat peluang.

Dalam wawancara Live Streaming bersama Liputan6.com, Selasa (21/4/2020) sore, Once Mekel mengaku bahwa selain menciptakan lagu, ia juga mengisi waktu selama pandemi ini dengan membuat buku.

"Kalau ambil hikmahnya, kita punya banyak waktu untuk merenung dan berkarya. Saya malah lagi bikin dua-tiga lagu dan juga buku," terang Once Mekel yang diselingi tawa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Buku tentang Musik

Namun, bukan berarti Once menulis buku yang temanya jauh dari musik. Once tetap memasukkan musik sebagai tema untuk penulisan bukunya.

3 dari 5 halaman

Kamus Rima

"Buku kaitannya dengan musik, sudah selesai sih. Bukunya ada versi digital, buku ringan, buku untuk bikin lagu. Jadi, semacam kamus rima, kamus sajak," kata Once.

"Jadi, saya lihat kan di toko buku enggak ada kamus sajak. Jadi kalau kita mau bikin lagu kan ada kata-kata yang matching dengan kata sebelumnya," ia melanjutkan.

4 dari 5 halaman

Pikirkan Judul

Buku yang ditulis Once sendiri ini bahkan sudah dirampungkan dengan ditangani oleh empat orang editor. Ia pun sudah menemukan beberapa tema judul yang masih belum diputuskan.

"Sebetulnya sudah selesai, saya kasih judul kamus... Eh, judulnya belum jelas sih. Misalnya 'Kamus Kata-Kata Bersajak Indonesia', atau 'Kamus Rima by Once Mekel'," terang Once.

"Jadi kalau mau bikin lagu persamaan bunyi, kamu beli buku saya deh, kamusnya buat anak-anak rap juga bisa tuh," ia menambahkan.

5 dari 5 halaman

Tak Dipercaya

Saat berkomunikasi dengan Kla Project, Once sempat mengungkapkan hal ini. Namun, alih-alih mendukung, sejumlah personel Kla malah seolah tak percaya Once menulis buku.

"Ini saya pikir-pikir, saya malah bikin buku, bukan lagu. Anak-anak Kla Project kayak Lilo, enggak percaya. Katanya, 'Bukannya bikin lagu malah bikin buku'," pungkas Once.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini