Sukses

Netflix Bukan-bukaan soal Strategi Menjaring Penggemar Konten Korsel

Dari sektor drama, Netflix memiliki dua strategi.

Liputan6.com, Jakarta Layanan streaming Netflix kini tengah gencar memperkaya konten Korea Selatan dalam platformnya. Terutama dalam hal drama Korea.

Usaha Netflix kini mulai memperlihatkan hasilnya. Dua drama Korea di platform ini, Crash Landing on You dan Kingdom, sukses masuk dalam Top 10 konten di banyak negara Asia.

"Kami mencoba menjadi rumah bagi konten Korea terbaik," tutur Kim Minyoung, Vice President of Korean Content Netflix, dalam wawancara teleconference yang diikuti Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Dari sektor drama, Netflix memiliki dua strategi. Yakni membuat tayangan orisinal yang dirilis secara eksklusif di platform ini, dan bekerja sama dengan rumah produksi Korea Selatan dalam hal lisensi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Konten Orisinal

Kim Minyoung menyebut dua jenis konten ini memiliki pendekatan yang berbeda. Untuk tayangan orisinal seperti Kingdom, Netflix sangat terlibat dari awal bersama penulis dan produser. Termasuk soal pemilihan sutradara dan pemain.

Meski begitu, Netflix tetap memberikan kebebasan bagi sineas dalam berkarya.

"Kami mencoba memberi kebebasan berkreativitas kepada para kreator yang kami ajak bekerja sama. Mempersilakan mereka bercerita dengan cara yang tidak bisa dilakukan dalam sistem tradisional," kata dia.

Untuk membantu merumuskan format, cerita, dan karakter yang menarik bagi penggunanya, para kreator ini dibantu oleh creative executive dari Netflix.

3 dari 5 halaman

Digelontorkan

Satu musim konten orisinal seperti ini, digelontorkan dalam satu paket sekaligus kepada pelanggan.

"Untuk konten orisinal, kami meyakini bahwa cara ini efektif membuat pengguna Netflix memiliki kontrol yang lebih besar. Dengan merilis langsung sekaligus, pengguna dapat menonton kapan atau berapa episode yang ingin mereka tonton," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Drama Berlisensi

Sementara untuk drama berlisensi seperti Crash Landing on You, Netflix menyerahkan pada pihak rumah produksi sebagai klien, untuk memformulasikan konten tersebut sesuai selera pasar. 

Sementara Netflix melakukan kurasi dengan pertimbangan apakah konten tersebut akan menarik perhatian penggunanya. 

"Kalau kita melihat yang sudah ada, maka tayangan yang menarik itu memiliki kombinasi cerita dari penulis yang kuat dan bintang yang bertalenta. Biasanya yang disukai penggemar drama bergenre romance," kata dia.

5 dari 5 halaman

Variety Show

Di lain pihak, meski terbilang telah sukses dalam tayangan drama, Netflix berkomitmen untuk mengeksplorasi jenis tayangan lain. Salah satunya adalah variety show.

"Kami bukan pemain baru dalam hal ini, karena kami memiliki Busted," tutur Kim Minyoung, menyebut salah satu konten variety show orisinal Netflix.

Ia mengatakan pihaknya terus mencari ramuan yang pas untuk konten seperti ini di Netflix.

"Saat kami membuat show yang tidak bernaskah, pada waktu bersamaan kami mengamati konten tanpa naskah seperti apa yang ingin disaksikan penonton kami. Kami ingin memastikan bahwa kami bisa memberikan serial tanpa naskah yang terbaik," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.