Sukses

Tio Pakusadewo dan 4 Artis Senior yang Terjerat Kasus Narkoba di Masa Tua

Tio Pakusadewo juga bukan satu-satunya artis yang terjerat kasus narkoba di usia tua.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video yang memperlihatkan penggeledahan di tempat tinggal Tio Pakusadewo beredar pagi ini, Selasa (14/4/2020). Aktor senio ini dikabarkan terjerat kasus narkoba.

Direktur Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Herry Heryawan, membenarkan penangkapan Tio Pakusadewo saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

"Iya (ditangkap)" ujar Kombes Herry Heryawan.

Ini, bukan pertama kalinya Tio Pakusadewo terlibat kasus narkoba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Umur 56 Tahun

Aktor yang kini berusia 56 tahun tersebut juga pernah ditangkap Satuan Narkoba Polda Metro Jaya di kediamannya di kawasan Ampera, Jakarta Selatan pada 19 Desember 2017.

Dalam penggerebekan tersebut polisi berhasil mengamankan narkoba jenis sabu lengkap bersama alat isapnya.

Tio Pakusadewo juga bukan satu-satunya artis yang terjerat kasus narkoba di usia tua. Sejumlah artis senior juga mengalami hal yang sama.

Bahkan seperti Tio Pakusadewo, beberapa di antaranya juga tak sekali terlibat kasus narkoba. Siapa saja mereka?

3 dari 6 halaman

1. Roy Marten

Roy Marten dua kali ditangkap polisi karena kasus penyalahgunaan narkoba. Yang pertama pada 2 Februari 2006 di kawasan Ulujami, Jakarta Selatan. Polisi mengamankan 3 gram sabu beserta alat isapnya. Atas perbuatannya itu, ayah Gading Marten ini dipenjara selama sembilan bulan.

Seperti tak jera dengan hukuman penjara yang pernah dialaminya, Roy kembali ditangkap di Novotel Hotel Surabaya, 13 November 2007. Roy kedapatan memiliki 1,5 ons sabu-sabu, tiga alat penghisap (bong), korek api, alumunium foil, dan sedotan dalam jumlah banyak. Saat tertangkap untuk kedua kalinya, Roy Marten berusia 55 tahun.

4 dari 6 halaman

2. Fariz RM

Fariz RM bolak balik ditangkap polisi karena masalah barang haram ini. Iapertama kali ditangkap polisi di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan pada 28 Oktober 2007 sekitar pukul 05.40 WIB. Ia kedapatan memiliki 1,5 linting ganja seberat 5 gram yang disimpan dalam bungkus rokok.

Delapan tahun berselang, tepatnya 6 Januari 2015, Fariz RM kembali ditangkap polisi karena kasus yang sama. Ia ditangkap di rumahnya yang berada di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan sekitar pukul 02.00 WIB. Atas perbuatannya itu Fariz RM divonis delapan bulan penjara.

Dua kali tertangkap narkoba tak membuat Fariz RM jera. Ia kembali ditangkap polisi pada 24 Agustus 2018. Dari penangkapan tersebut polisi mengamankan sabu serta dumolid.

5 dari 6 halaman

3. Tessy

Tessy ditangkap di Bekasi pada 23 Oktober 2014 lalu sekitar pukul 22.00 WIB. Saat ditangkap, Tessy kedapatan tengah mengonsumsi narkoba jenis sabu. Saat penggerebekan, polisi mengamankan sabu seberat 1,6 gram lengkap bersama alat isapnya.

Malu terjerat kasus narkoba, Tessy sempat melakukan upaya bunuh diri dengan menenggak pembersih lantai. Kala itu, usianya menginjak 68 tahun.

6 dari 6 halaman

4. Nunung

Di usia yang menginjak 56 tahun, komedian Nunung Srimulat berurusan dengan hukum setelah ditangkap Satuan Narkoba polda Metro Jaya di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat 19 Juli 2019. 

Tak sendiri, Nunung Srimulat ditangkap bersama suaminya dengan barang bukti sabu seberat 0,36 gram lengkap beserta alat isap. Dari pengakuannya saat diperiksa polisi, Nunung Srimulat mengaku menggunakan sabu untuk menambah stamina tubuhnya.

Nunung dan sang suami kini menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta Timur selama 1,5 tahun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.