Sukses

JK Rowling Bagikan Teknik Pernapasan Usai Sembuh dari Gejala Corona Covid-19

JK Rowling mengungkap sebuah teknik pernapasan yang menurut dia sangat membantunya saat menderita gejala Corona Covid-19.

Liputan6.com, London - Penulis Harry Potter, JK Rowling, rupanya sempat menderita gejala Covid-19. Hanya saja, ia tak sempat menjalani tes untuk mendapat kepastian apa ia benar-benar terinfeksi virus ini.

Untungnya, JK Rowling sudah sembuh dari gangguan kesehatan ini. Kini, ia mengungkap sebuah teknik pernapasan yang membantunya saat merasakan gejala Covid-19. Hal ini, lantas ia bagikan lewat akun Twitter pribadinya, Senin (6/4/2020).

"Dalam 2 minggu terakhir aku memiliki semua gejala C19 (walau tak dites) dan melakukan ini atas saran dokter suamiku. Sekarang aku pulih total dan teknik ini sangat membantuku," tulis JK Rowling.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Teknik Pernapasan

Dalam kicauan tersebut, JK Rowling mengunggah sebuah video yang disebut berasal dari seorang dokter Rumah Sakit Queens Inggris, mengenai teknik untuk melegakan jalan napas. Seperti diketahui, salah satu gejala infeksi virus Corona adalah sesak napas.

"Kalau kamu mau melakukannya sebelum terjadi infeksi, ini adalah ide bagus," tutur pria dalam video tersebut.

3 dari 5 halaman

Ambil Napas Dalam

Cara teknik ini adalah menghirup napas dalam-dalam sebanyak lima kali. Dan setiap kali melakukannya, tahan napas selama lima detik.

Setelah menarik napas keenam, berusahalah batuk sekeras mungkin, sambil tak lupa menutup mulut.

4 dari 5 halaman

Tengkurap

"Lakukan ini dua kali, lalu kami tidur dengan posisi datar di tempat tidur dengan bantal di depanmu, ambil napas sedikit dalam selama sekitar 10 menit," pria tersebut menambahkan.

Pria ini juga mengatakan posisi tidur yang baik untuk melakukan teknik pernapasan ini adalah dengan tengkurap. Ia beralasan paru-paru manusia mayoritas berlokasi dekat dengan punggung. Alhasil, menurut dia, tidur dengan cara telentang dalam waktu lama saat terjadi infeksi, dapat mengganggu jalan pernapasan.

5 dari 5 halaman

Gratis

JK Rowling berharap warganet bisa meniru teknik pernapasan dalam video ini.

"Aku sudah benar-benar pulih dan ingin membagikan teknik yang direkomendasikan dokter, tidak berbayar, dan tidak ada efek samping jelek tapi bisa sangat membantu dirimu dan orang yang kau cintai, seperti yang terjadi padaku," tutur wanita 54 tahun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.