Sukses

6 Aksi Mulia Shah Rukh Khan Lawan Corona Covid-19, Berdonasi hingga Pinjamkan Gedung

Shah Rukh Khan berharap apa yang ia lakukan, setidaknya bisa membuat perubahan kecil.

Liputan6.com, Mumbai - Selain tampan dan jago akting, kini kata sifat 'dermawan' seperti sangat cocok untuk menggambarkan Shah Rukh Khan. Pasalnya, megabintang Bollywood berusia 54 tahun tersebut tak sungkan-sungkan merelakan hartanya untuk membantu sesama selama wabah Corona Covid-19.

Dilansir dari media India The Hindu, Senin (6/4/2020), Shah Rukh Khan baru-baru ini mengungkapkan sejumlah langkah yang ia ambil untuk melawan Corona.

Shah Rukh Khan melakukan hal terpuji ini lewat sejumlah perusahaan dan yayasannya, yakni Kolkata Knight Riders, Red Chillies Entertainment, Meer Foundation, dan Red Chillies VFX.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Fokus di Tiga Kota

"Kami awalnya memfokuskan usaha kami di tiga kota, yakni Mumbai, Kolkata, dan New Delhi, dengan kesadaran bahwa ini adalah permulaan dan kamu siap berkontribusi dengan cara apa pun di masa depan," tutur bintang Dilwale ini dalam pernyataan tertulisnya.

Shah Rukh Khan berharap apa yang ia lakukan, setidaknya bisa membuat perubahan kecil.

Apa saja hal yang dilakukan Shah Rukh Khan? Berikut di antaranya:

 

3 dari 8 halaman

1. Pinjamkan Gedung

Shah Rukh Khan dan istrinya, Gauri, menawarkan kantor pribadi mereka kepada Brihanmumbai Municipal Corporation (BMC) untuk menambah fasilitas karantina. Gedung empat lantai di kawasan Khar West, Mumbai ini, akan dilengkapi fasilitas karantina untuk anak-anak, wanita, dan orang tua.

4 dari 8 halaman

2. APD

Kolkata Knight Riders dan Meer Foundation juga menyiapkan 50 ribu Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis. Ini adalah hasil kolaborasi dengan pemerintah Bengal Barat dan Maharashtra. Meraka juga berkampanye meningkatkan kesadaran atas bahaya Corona, dan mengajak orang lain untuk ikut berdonasi.

5 dari 8 halaman

3. Paket Makanan

Meer Foundation bersama dengan Ek Saath - The Earth Foundation, bekerja sama menyediakan makanan untuk lebih dari 5.500 keluarga di Mumbai, setidaknya selama sebulan ke depan.

Didirikan pula dapur yang akan mengirim 2 ribu paket makanan setiap harinya, untuk membantu keluarga dan rumah sakit yang kebutuhan hariannya tak terpenuhi.

Meer Foundation juga bekerja sama dengan Roti Foundation, menyediakan tiga paket makanan untuk 10 ribu orang per hari selama setidaknya satu bulan. Roti Foundation sendiri, adalah yayasan yang didirikan mantan petinggi polisi Maharashtra, D. Sivanandhan. Bersama kepolisian Mumbai, yayasan ini menyediakan makanan untuk masyarakat ekonomi lemah.

6 dari 8 halaman

4. Kebutuhan Hidup

Tak hanya makanan, Meer Foundation akan menyediakan kebutuhan hidup pokok dan sembako selama setidaknya sebulan untuk 2.500 pekerja harian di sekitar wilayah Delhi.

Upaya ini adalah hasil kerja sama Meer Foundation dengan Working People’s Charter.

7 dari 8 halaman

5. Korban Cairan Asam

Selain untuk warga ekonomi lemah, penyintas serangan cairan asam juga mendapat bantuan dari Meer Foundation dan Working People’s Charter. Lebih dari 100 penyintas yang berada di sekitar Uttar Pradesh, Delhi, Bihar, Bengal Barat, dan Uttarakhand, akan mendapat jatah bulanan.

8 dari 8 halaman

6. Beri Semangat

Di luar semua donasinya, Shah Rukh Khan juga belakangan kian aktif muncul di media sosial. Pesan utama yang ia sampaikan, adalah kewaspadaan terhadap virus Corona, sekaligus tetap menjaga optimisme di masa sulit ini.

Salah satunya, terlihat dalam unggahannya, Minggu (5/4/2020) kemarin.

"Aku percaya momen ini nantinya akan menjadi kenangan di mana kita memiliki banyak waktu luang dan dekat dengan orang-orang yang kita sayang. Ini doaku untuk semua orang. Jaga Diri. Jaga Jarak. Jaga Kesehatan," tulisnya di kolom caption.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.