Sukses

Ria Ricis Tak Pandai Bersosialisasi dengan Tetangga, Ini Nasihat Oki Setiana Dewi

Kakak Ria Ricis, Oki Setiana Dewi, mengungkapkan bahwa adiknya selama ini tak pandai bersosialisasi dengan para tetangga.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Ria Ricis sempat memancing kontroversi lantaran di tengah meluasnya wabah Corona Covid-19, ia justru nekat membuat vlog di luar rumah bersama timnya. Bahkan, ada tetangganya yang memprotes kegiatan Ricis tersebut melalui media sosial.

Kejadian tersebut membuat sang kakak, Oki Setiana Dewi, mengajak Ria Ricis untuk tampil di vlognya yang diunggah di YouTube, Sabtu (4/4/2020). Dalam video tersebut, Oki terlihat menasihati adiknya agar ke depannya bisa menjadi lebih baik lagi.

Menariknya, di tengah penjelasan Ria Ricis serta berbagai nasihat yang disampaikan oleh Oki Setiana Dewi, terungkap bahwa Ricis selama ini tak pandai bersosialisasi dengan para tetangga.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hikmah

Hal itu disampaikan sendiri oleh Oki Setiana Dewi saat ikut menanggapi pertanyaan dari warganet seputar hikmah yang didapat Ricis setelah kejadian tersebut.

"Intinya berbuat baik. Kalau kita berbuat baik, teman-teman support. Kalau kita salah, teman-teman mengingatkan. Fokus berbuat baik," ujar Oki membuka tanggapannya.

"Hikmah dari kejadian kemarin adalah Ricis akan datang ke rumah para tetangga. 'Ibu ini hadiah, ini makanan.' Itu penting untuk menjaga hubungan baik dengan semuanya," Oki menyampaikan.

"Yang penting Insya Allah setelah Corona," celetuk Ricis.

3 dari 5 halaman

Masih Gadis

Selain itu, Oki Setiana Dewi juga menjelaskan dalam vlognya bahwa sang adik bersikap seperti itu lantaran sudah tak tinggal lagi dengan orangtua mereka.

"Mungkin karena Ricis tak tinggal sama orangtua. Sementara yang tinggal di sana kan yang berumur, lebih dewasa dibanding Ricis. Sementara Ricis seorang anak gadis yang belum menikah, yang tinggal sendiri bersama mbak-mbak. Mungkin enggak ngerti, kali," terang Oki.

4 dari 5 halaman

Mencoba Memahami

Oki juga berusaha untuk masuk ke dalam perspektif Ria Ricis. Namun, ia justru membeberkan bahwa sang adik selama ini tak mengerti cara bersosialisasi dengan tetangga.

"Kayaknya mbak Oki memahaminya seperti itu. Jadi mikir, 'apa kalau aku masih umur 25 tahun, tinggal di komplek yang isinya orang dewasa semua. Sementara aku seorang gadis yang belum nikah,'" Oki mengutarakan.

"Mungkin enggak ngerti tentang cara berhubungan dengan tetangga-tetangga, dengan pak RT. Dia tuh enggak ngerti teman-teman sekalian," lanjut Oki sambil menunjuk-nunjuk adiknya itu, sementara ekspresi Ricis seolah membenarkan.

5 dari 5 halaman

Lebih Cocok Bersama Keluarga

Oki lantas mengungkapkan bahwa ayah mereka sebenarnya sangat ingin tinggal dengan Ria Ricis. Oki pun akhirnya berusaha memahami kondisi Ria Ricis saat ini.

"Karena tak ada orang tua di situ untuk mengarahkan. Makanya papa selalu bilang kan, 'sebenarnya papa ingin tinggal sama Ricis, supaya kalau ada apa-apa bisa dinasehati, diingatkan,'" ungkap Oki.

"Mungkin kalau mbak di posisi Ricis, enggak ngerti juga ya. Soalnya enggak ada orang dewasa yang menasihati. Anak bungsu, teman-teman. Jadi memang harus tinggal bareng keluarga," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini