Sukses

Viral Dalgona Coffee, Chef Arnold Pertanyakan Versi Susu Bubuk

Yang viral belakangan ini, dalgona coffee. Ramai dibahas, sejumlah seleb seperti chef Arnold Poernomo dan Dewi Lestari berbagi cerita.

Liputan6.com, Jakarta - Yang tak kalah viral pekan ini, dalgona coffee alias dalgona kopi, yakni kreasi kopi berbentuk menyerupai whipped cream. Disajikan dalam gelas, bagian bawah kudapan ini berisi susu putih dan beberapa bongkah es batu. Ramai dibahas, sejumlah seleb seperti chef Arnold Poernomo dan Dewi Lestari turut mengulik dalgona coffee.

Lewat akun Twitter, chef Arnold Poernomo merekomendasikan versi nonkopi. Kopi bisa diganti dengan susu cokelat bubuk dan konon rasanya tak kalah nikmat.

Chef Arnold Poernomo lantas memberi tahu para pengikutnya soal dalgona dari susu cokelat bubuk. Dalam hitungan jam, lebih dari 2.700 orang merespons dan status teks Cher Arnold Poernomo disukai hampir 4.000 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ada yang Sudah Coba?

Wow milo Dalgona ada yang sudah coba?” cetus juru masak kelahiran Surabaya, 18 Agustus 1988, pada Rabu (1/4/2020). Rekomendasi dalam bentuk pertanyaan ini mendapat respons beragam dari warganet.

Salah satu warganet mengunggah video cara membuat dalgona dari susu bubuk. Selain susu bubuk, sejumlah bahan yang mesti disiapkan antara lain cokelat bubuk hingga gula pasir.

3 dari 5 halaman

Versi Susu Bubuk

“Dua sendok gula pasir, satu sendok cokelat bubuk, emulsifier setengah sendok teh, dua sendok air panas, lalu diaduk (dengan mixer),” warganet merinci. Hasilnya ditumpuk dalam susu cair yang telah disiapkan dalam gelas.

Dewi Lestari mengaku tertarik menjajal dalgona coffee. Pekan lalu, ia mencuit sambil mengunggah foto segelas dalgona coffee yang tersaji dalam nampan kayu cokelat.

4 dari 5 halaman

Dua Sendok Gula Per Gelas?

Dalgona coffee looks interesting until I learn it requires 2 tablespoon of sugar... per glass (Dalgona coffee tampak menarik sampai saya mencoba dan itu membutuhkan dua sendok gula per gelas),” mantan personel Rida Sita Dewi.

Faktor membutuhkan banyak gula per gelas membuat Dewi Lestari pikir-pikir untuk mengonsumsinya lebih sering. Seorang warganet lantas bertanya, “Bisa diganti sama coconut sugar-kah, gula putihnya?” Penulis novel Supernova merespons, “Belum tahu, nih.”

 

5 dari 5 halaman

Diaduk Hingga 400 Kali

Selain cita rasa yang lezat dan kandungan gula, warganet membahas cara membuatnya. Konon, untuk menciptakan krim yang supernikmat itu, kopi, gula, dan air mesti diaduk 400 kali hingga warna berubah menjadi kecokelatan.

Seorang warganet mengeluhkan ini dan itu bisa diakali dengan mixer tanpa mengubah tekstur maupun citarasa. Kopinya pun bisa apa saja, termasuk kopi instan dari biji jenis Arabika atau Robusta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.