Sukses

Detri Warmanto Sebut Statusnya sebagai Silent Carrier Corona Covid-19 Lebih Berbahaya

Detri Warmanto menyebut statusnya sebagai silent carrier Corona Covid-19 lebih bahaya. Ia kemudian menjabarkan alasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Detri Warmanto menjadi seleb pertama di Tanah Air yang mengaku positif Corona Covid-19. Bintang sinetron Cinta Fitri dan Kepompong ini kali pertama mengaku positif Corona Covid-19 pada Jumat (20/3/2020) lalu.

Sejak itu, ia menjalani karantina mandiri di kediamannya. Kamis (26/3/2020), Detri Warmanto menyampaikan kabar bahagia. Detri Warmanto memamerkan hasil rapid test menggunakan alat. Hasilnya negatif.

Meski demikian ia tak lantas berlega hati. Meski tingkat akurasi alat ini mencapai 95 persen, Detri Warmanto menjalani tes ulang di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Selasa (31/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ini Lebih Bahaya!

Momen Detri Warmanto mendatangi RSPAD Gatot Subroto Jakarta diabadikan di fitur Instagram Stories. Dalam kesempatan itu, Detri Warmanto menjelaskan bahwa statusnya sebagai silent carrier lebih berbahaya.

Banyak yang terpapar Covid-19/ Corona tapi tanpa gejala sedikitpun (silent carrier), ini lebih bahaya,” beber aktor kelahiran Jakarta, 31 Oktober 1986, ini pada hari yang sama.

3 dari 5 halaman

Bisa Menularkan ke Orang Tua

Detri Warmanto menjabarkan alasannya. “Karena (pasien berstatus silent carrier) bisa menularkan ke orang tua kalian atau saudara kalian yang punya penyakit bawaan. Enggak mau, kan kalau orang tua atau saudara kalian kenapa-kenapa,” bintang film Retak Gading menyambung.

Detri Warmanto mengajak masyarakat Indonesia menjaga diri dengan jaga kebersihan, tetap di rumah, dan selalu menjaga jarak fisik.

4 dari 5 halaman

Saya Adalah Contoh Korban

Saya adalah contoh korban orang yang terpapar Covid-19 dengan tidak ada gejala sedikitpun. Sebagai contoh saya ingin memberikan informasi kepada kalian yang ingin tahu,” ujar menantu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Tjahjo Kumolo, pada unggahan berikutnya.

Detri Warmanto mengingatkan bahwa Corona Covid-19 bukanlah momok atau aib yang harus disembunyikan pasien maupun keluarganya. “Ini bukan momok atau aib yang harus jadi malu. Enggak ada kok yang pengin ditempel virus ini,” imbuhnya.

 

5 dari 5 halaman

Jangan Mencaci Pasien Corona

Seperti diketahui, sehari sebelum menjalani tes ulang di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Detri Warmanto menyinggung statusnya sebagai silent carrier Corona Covid-19. “Ciri-ciri seperti saya namanya silent carrier, terpapar dengan tidak ada gejala,” sahut Detri Warmanto dalam sesi tanya jawab dengan warganet.

Ia meminta masyarakat memusuhi virus Corona Covid-19, bukan pasien yang terpapar. “Jadi, please untuk orang-orang yang mencaci atau mem-bully, ini saatnya gotong royong dan kerja sama untuk perangi virus tersebut. Terima kasih,” pungkas suami Karunia Putripari Cendana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.