Sukses

Detri Warmanto Pilih Isolasi di Rumah karena Dahulukan Pasien yang Lebih Parah

Inilah penjelasan Detri Warmanto mengapa memilih mengisolasi dirinya di rumah ketimbang di rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta ‎Detri Warmanto memilih mengisolasi dirinya di rumah, ‎setelah dinyatakan positif Covid-19 alias virus Corona. ‎Terhitung sudah sejak Jumat (20/3/2020), Detri Warmanto mengisolasi dirinya agar tak menyeberkan virus dalam dirinya ke orang lain terutama keluarganya. ‎

Buat Detri Warmanto, ia punya alasan sendiri mengapa memilih mengisolasi di rumahnya sendiri ketimbang di rumah sakit seperti yang dilakukan Andrea Dian.

‎"Masih banyak di luar sana kondisi orang sakit, dan orang sakit tapi kena covid. Jadi kalau yang sehat dan tanpa gejala seperti saya, jauh disarankan untuk self quarantine," ucap Detri Warmanto saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (24/3/2020).‎

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Minta Dirawat

Sebelumnya Detri sempat meminta untuk dirawat atau diisolasi di RSPAD Gatot Soebroto, tempat ia memeriksakan diri terkait virus corona. Namun dokter yang bertindak menyarankan mengisolasi diri sendiri di rumah saja. Sebab Detri Warmanto dinyatakan positif corona tanpa gejala apapun seperti batuk, pilek dan sesak napas. 

‎"Gue pernah minta kenapa saya enggak dirawat di RS aja untuk ada penanganan ketat. Jawabannya adalah, ‎buat apa di rumah sakit, buat apa juga ditanganin kalau tidak ada apa-apa. Tapi kalau sesak atau batuk bisa dikasih obat atau resep dokter," kata Detri Warmanto. 

3 dari 4 halaman

Jadi Sorotan

Kini, keseharian Detri Warmanto hanya di rumah saja‎ sambil menunggu batas waktu isolasinya selesai yaitu selama 14 hari. Detri berusaha meng-edukasi orang-orang tentang bahaya virus corona melalui media sosialnya.

‎"Gw engga bisa publish juga gue punya Play Stasion 4, tapi gue berusaha sebisa mungkin menjaga apa yang gue lakukan terutama mempublikasikannya dipublik. Apalagi gue sekarang jadi sorotan kan," kata Detri.  

4 dari 4 halaman

Menyesal

Detri Warmanto sempat menyesal mempublikasikan ia menggunakan vitamin tertentu, selama proses isolasi dirinya sendiri di rumah.‎ Kini vitamin tersebut laris di pasaran dan banyak dicari orang. 

"Gue rada nyesel sih ya ketika gue publis vitamin yang gue pakai. Mohon maaf ya enggak semua orang bisa beli vitamin yang gue pakai. Jadi terus-terusan saya mengedukasi untuk makan normal, bukan menjelaskan makan apa, takutnya orang menirukan gue," kata Detri.

‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.