Sukses

Tips Tora Sudiro Melawan Penyebaran Virus Corona Covid-19

Tora Sudiro memiliki trik-trik menghindari Corona.

Liputan6.com, Jakarta Aktor Tora Sudiro mengaku prihatin dengan pandemi virus Corona atau Covid-19 yang melanda Indoensia. Kepada Komunitas Pewarta Hiburan Indonesia (Kophi), Tora Sudiro memberikan pendapat dan juga tips melawan penyebaran virus Corona. 

Bagi Tora Sudiro, menjaga jarak dalam sebuah pertemuan adalah cara terbaik. Hal ini menurutnya bisa memotong penyebaran virus Corona.

“Jadi gini, dari yang gue baca-baca, sama dikasih tahu temen-temen juga, ngobrol sama orang-orang juga, social distance ini salah satu cara yang paling efektif buat memotong mata rantai penyebaran virus corona. Jadi virus corona lagi jalan rame-rame nih, terus kita potong di tengah-tengahnya, biar nggak lewat,” ujar Tora Sudiro dalam videonya di Jakarta, Senin (23/3/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips

Secara umum, Tora Sudiro mengatakan ada empat hal yang harusnya dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini agar tidak semakin meluas.  

Pertama, kata dia, hindari kerumunan atau pertemuan yang melibatkan banyak orang, termasuk pergi ke tempat yang ramai. “Udah, selow-selow aja dulu, santai-santai di rumah dulu deh,” ujar aktor peraih trofi Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2004 ini.

Pesan yang kedua, Tora mengatakan, sebisa mungkin untuk menjaga jarak, minimal dua meter dari orang lain. “Orang lain, yah. Bukan istri sendiri. Jauh-jauhan sama istri, ntar lama-lama bisa ditinggal lu,” katanya.

 

3 dari 4 halaman

Cipika Cipiki

Ketiga, Tora melanjutkan, jangan melakukan kontak fisik. Ia pun menyebut seperti salaman, pelukan, cipika-cipiki.  

“Ini yang agak susah karena tradisi kita kan salaman ya. Cuman kali ini harus benar-benar dilakuin. Mau gimana dong, kan buat keselamatan itu orang maupun kita,” katanya.

 

4 dari 4 halaman

Work From Home

 Lalu pesan keempat, Tora Sudiro menyarankan kalau bisa tetap work from home atau mengurangi aktifitas di luar rumah. Untuk hal ini, diakuinya sepertinya masih susah dilakukan oleh sebagian orang di negeri ini.

 “Orang pendapatan kita harian ya. tapi diusahakan jangan keluar rumah deh atau ke tempat ramai. Gue tahu social distance ini nggak gampang. Tapi buat lawan Corona, kepedulian kita dibutuhkan bareng-bareng karena gue percaya, Indonesia bisa lawan corona,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini