Cara Daniel Dae Kim Lawan Infeksi Virus Corona, Membaik walau Tak ke RS

Oleh Ratnaning Asih pada 20 Mar 2020, 19:30 WIB
Diperbarui 20 Mar 2020, 19:30 WIB
Daniel Dae Kim (Instagram/ danieldaekim)
Perbesar
Daniel Dae Kim mengatakan kondisinya kini hampir pulih 100 persen, setelah terinfeksi virus Corona. (Instagram/ danieldaekim)

Liputan6.com, Honolulu - Aktor Hollywood kelahiran korea Selatan Daniel Dae Kim, baru saja mengungkap bahwa ia terinfeksi virus Corona. Bintang Lost dan Hawaii 5-O ini mengumumkannya lewat Twitter dan Instagram pribadinya.

"Siap untuk sebuah pertarungan? Aku siap. Kemarin aku didiagnosis dengan COVID-19, penyakit yang disebabkan #viruscorona," tulis Daniel Dae Kim di Twitter, Jumat (20/3/2020).

Daniel Dae Kim mengatakan setelah syuting drama di New York yang dibintanginya batal, ia langsung terbang ke rumahnya di Hawaii. Saat pesawat hendak mendarat, ia mulai merasa tenggorokannya gatal.

"Malam itu aku mulai merasa dadaku sesak, badanku sakit, dan suhu tubuhku naik. Dokter lalu menyuruhku untuk melakukan tes," kata Daniel Dae Kim dalam video yang ia unggah di Instagram.

2 dari 5 halaman

Tak ke RS

Daniel Dae Kim (Instagram/ danieldaekim)
Perbesar
Daniel Dae Kim (Instagram/ danieldaekim)

Sebelum dinyatakan positif terjangkit virus Corona, Daniel Dae Kim telah mengisolasi dirinya sendiri. Kini, kondisinya berangsur membaik bila dibandingkan saat pertama kali menunjukkan gejala sakit.

"Untuk kalian semua tahu, aku tidak pernah ke rumah sakit,' tuturnya.

3 dari 5 halaman

Minum Air

Daniel Dae Kim (Instagram/ danieldaekim)
Perbesar
Daniel Dae Kim (Instagram/ danieldaekim)

Lantas bagaimana cara Daniel Dae Kim pulih? "Tapi dengan bantuan obat [dari dokter], istirahat di tempat tidur, minum banyak cairan, dan cinta dari keluarga, aku tidak perlu ke [rumah sakit]," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Hampir 100 Persen

Daniel Dae Kim mengatakan ia mulai merasa kondisinya membaik dari hari ke hari. "Sekarang, walau aku belum merasa 100 persen, rasanya sudah cukup dekat," tuturnya.

"Untungnya kasusku bukan perkara hidup-mati. Tapi walau sekarang aku tersenyum, selama beberapa hari aku di atas tempat tidur," tuturnya.

 

5 dari 5 halaman

Pesan untuk Milenial

Satu hal yang ditekankan oleh pria 51 tahun ini, adalah banyak orang berusia muda yang sebenarnya terjangkit penyakit ini tanpa mereka sadari.

"Jadi, untuk orang di luar sana, terutama remaja, ada milenial yang berpikir ini enggak serius, tolong catat, ini serius. Dan bila kamu tak peduli dengan hal ini, kamu bisa saja membahayakan nyawa jutaan orang, termasuk yang kamu cintai," tuturnya.

Ia lantas meminta publik untuk mematuhi aturan tentang isolasi diri, cuci tangan, hingga, social distancing.

Lanjutkan Membaca ↓