Heboh Lagu Corona, Elvy Sukaesih: Aku Rela Mati Demi Cinta…

Oleh Wayan Diananto pada 19 Mar 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 16:00 WIB
[Bintang] Elvy Sukaesih
Perbesar
Sejumlah musisi menulis lagu seputar virus Corona. Yang terbaru, “Corona (Demi Cinta)” dari sang Ratu Dangdut Indonesia, Elvy Sukaesih. (Adrian Putra/Bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta Mewabahnya  virus Corona disikapi para seniman di seluruh dunia dengan berbagai cara. Chris Martin vokalis Coldplay misalnya, menggelar showcase lalu diunggah di medsos untuk menghibur penikmat musik yang gagal menonton konser akibat wabah  virusCorona.

Ada yang membuat video berkonten pesan semangat dan optimisme untuk melewati masa-masa sukar. Ada pula pekerja seni yang menulis lagu bertema  vurus Corona.

Bahkan, membuat video tutorial mencuci tangan yang benar diiringi lagu-lagu populer. Yang terbaru, lagu bertajuk “Corona (Demi Cinta)” dari sang Ratu Dangdut Indonesia, Elvy Sukaesih.

2 dari 5 halaman

Sekadar untuk Menghibur

Lagu Corona Elvy Sukaesih. (Foto: Dok. YouTube EMMI TV)
Perbesar
Lagu Corona Elvy Sukaesih. (Foto: Dok. YouTube EMMI TV)

Lagu “Corona (Demi Cinta)” sebenarnya lagu lawas Umi Elvy, sapaan akrab di Ratu Dangdur ini. Tapi, baru dilempar ke situs berbagi video YouTube salah satunya lewat akun EMMITV, pekan lalu, tepatnya 12 Maret 2020. Hingga artikel ini disusun, video musik “Corona (Demi Cinta) ditonton lebih dari 20 ribu kali.

Mencermati liriknya, lagu “Corona (Demi Cinta)” yang ditulis Awab Abdulah dengan iringan musik Orkes Melayu Purnama ini tidak ditujukan untuk menyemangati mereka yang terpapar virus Corona. Lagu ini sekadar untuk menghibur.

3 dari 5 halaman

Corona Maskawinnya

[Bintang] Elvy Sukaesih
Perbesar
Elvy Sukaesih. (Adrian Putra/Bintang.com)

“Aku tak mau bila dipaksa walau Corona oh maskawinnya. Aku tak ingin menjual cinta oh, cinta buta barang dagangan,” lantun Elvy Sukaesih dalam video tersebut.

Jikalau cinta dapat dibeli tentunya ada tawar menawar, ada yang murah ada yang mahal,” sambungnya. Di bagian lain lagu tersebut, Elvy Sukaesih bernyanyi, “Bagi diriku aku tak sudi kurela mati oh demi cinta. Bagi diriku aku tak sudi, tak mau mati karena Corona.

Mungkinkah yang dimaksud Corona oleh Umi Elvy di lirik lagu ini mengacu pda merek mobil yang memang kondang di era tersebut?

4 dari 5 halaman

Video Klip Ala Era 1990-an

Elvy Sukaesih (Foto: Instagram/@elvy_sukaesih)
Perbesar
Elvy Sukaesih (Foto: Instagram/@elvy_sukaesih)

Video musik “Corona (Demi Cinta)” mengingatkan kita pada klip dekade 1990-an yang hanya menampilkan sang penyanyi berdendang sambil berjoget di taman.

Ini bukan kali pertama musisi Indonesia menulis lagu dengan menggunakan kata Corona atau virus Corona. Awal bulan ini misalnya, heboh lagu berjudul “Corona” yang dinyanyikan Alvi Ananta.

5 dari 5 halaman

Lagu Corona

Rupanya, Corona singkatan dari Comunitas Rondo Merana. Dalam bahasa Jawa, rondo berarti janda. Berbeda dengan lagu milik Elvy Sukaesih yang direspons positif, “Corona” versi Alvi Ananta membuat warganet meradang.

Alvi Ananta berikut sejumlah musisi di belakangnya dituding tidak sensitif terhadap wabah virus Corona yang merenggut banyak nyawa di berbagai negara. Lagu tersebut hanya bertahan selama 48 jam di YouTube kemudian silam.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓