Wabah Virus Corona, Bioskop Cinema XXI Hapus Jam Pertunjukan Terakhir dan Midnight Show

Oleh Wayan Diananto pada 19 Mar 2020, 11:30 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 11:30 WIB
[Bintang] Bioskop Indonesia
Perbesar
Cinema 21 Menembus 1000 Layar

Liputan6.com, Jakarta - Dampak virus Corona terus bergulir. Hari Rabu (18/3/2020) dibuka dengan kabar mengejutkan, yakni amblasnya jam pertunjukan terakhir (pukul 21 ke atas, termasuk pertunjukan tengah malam atau midnight show) oleh jaringan bioskop Cinema XXI.

Kabar ini kali pertama dibahas warganet di situs jejaring sosial Twitter. Seperti diketahui, pemerintah Indonesia menindaklanjuti wabah virus Corona dengan imbauan social distancing atau menghindari keramaian. Ini berdampak pada sepinya mal termasuk bioskop.

Merespons wabah virus Corona dan imbauan pemerintah, jaringan bioskop Cinema XXI memodifikasi jam pertunjukan film harian dari 5 kali main menjadi 4 saja.

Head of Corporate Communications and Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol, membenarkan.

2 dari 5 halaman

Mulai Rabu, 18 Maret 2020

Cinema 21
Perbesar
Cinema 21 Membuka lebih dari 1000 Layar bioskop

“Betul. Dalam rangka turut aktif mendukung kebijakan social distancing dari pemerintah, per hari ini, Rabu, 18 Maret 2020, kami melakukan modifikasi jumlah jam tayang dari yang sebelumnya lima show menjadi empat show di seluruh jaringan bioskop kami,” ujar Dewinta ketika dihubungi Showbiz Liputan6.com, di Jakarta, pada Rabu siang.

Memperhatikan kesehatan para pencinta film, pihak bioskop Cinema XXI mengimbau bagian ticketing menetapkan jarak aman antara penonton satu dengan yang lain.

3 dari 5 halaman

Diselingi Satu Bangku Kosong

Bioskop Cinema XXI
Perbesar
Bioskop Cinema XXI

“Yaitu bangku yang terisi diselingi dengan satu bangku kosong. Hal ini juga sejalan dengan arahan dari Pemerintah perihal social distancing,” beri tahu Dewinta.

Hingga saat ini, seluruh bioskop Cinema XXI melakukan kegiatan bisnis operasional seperti biasa dan tetap mematuhi setiap instruksi atau keputusan pemerintah pusat maupun daerah.

4 dari 5 halaman

Memantau Perkembangan

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Perbesar
Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)

“Perihal berapa lama kebijakan ini diberlakukan, kami akan terus memantau perkembangan kondisi yang terjadi,” terang Dewinta. Sebelum menerapkan modifikasi jam tayang dan pengaturan kursi penonton, Cinema XXI mengantisipasi penyebaran virus Corona dengan menyemprotkan disinfektan.

Kebersihan salah satu variabel penting bagi pengelola bioskop. “Untuk itu kami memiliki standar operasional prosedur ketat dalam memastikan kebersihan seluruh bioskop Cinema XXI yang berada di 218 lokasi di 52 kota di Indonesia,” Dewinta menyambung.

5 dari 5 halaman

Cairan Disinfektan

Head of Corporate Communications and Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol.
Perbesar
Head of Corporate Communications and Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol.

Mengantisipasi risiko penyebaran virus Corona, mulai akhir Januari 2020, standar kebersihan bioskop cinema XXI ditingkatkan. Penyemprotan disinfektan dilakukan secara regular di lingkungan bioskop.

Cairan disinfektan yang dipakai mengikuti standar maskapai penerbangan internasional. “Cairan ini dapat membunuh kuman, bakteri serta virus namun aman bagi manusia karena sudah tersertifikasi secara internasional,” Dewinta mengakhiri perbincangan.

Lanjutkan Membaca ↓