Sukses

Nadiem Makarim Bikin Imbauan Soal Virus Corona, Ini Reaksi Sejumlah Selebritis

Di tengah wabah virus Corona, Nadiem Makarim mengunggah video imbauan social distancing atau menghindari keramaian.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah wabah virus Corona, baru-baru ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim, mengunggah video imbauan social distancing atau menghindari keramaian.

Halo selamat malam, ini Mas Menteri melapor dari rumah, hari Senin, 16 Maret,” demikian Menteri Nadiem Makarim mengawali pernyataan terkait virus Corona di media sosial.

“Saya masih melihat banyak sekali masyarakat yang sebenarnya mampu bekerja dari rumah masih saja beraktivitas dari luar rumah. Untuk itu saya tekankan beberapa hal. Nomor satu, virus Corona bukan virus yang bisa diremehkan. Ini virus berbahaya dengan tingkat penularan sangat cepat,” beri tahu Nadiem Makarim via akun Instagram terverifikasi miliknya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ancam Nyawa Orang Lain

“Kedua, walaupun kita tidak punya gejala-gejala, tapi kita masih saja bisa menjadi carrier dan menularkannya kepada orang-orang dengan kondisi kesehatan yang kurang memadai seperti orang-orang lanjut usia, atau punya diabetes, hipertensi, dan berbagai macam kondisi kesehatan lainnya,” sambung Nadiem Makarim.

Lebih lanjut Nadiem Makarim menambahkan, setiap kali keluar rumah, kita bisa mengancam nyawa orang lain. Marilah menunjukkan bahwa Indonesia ini negara dengan asas gotong royong.

3 dari 5 halaman

Mari Selamatkan Nyawa Masyarakat

“Marilah kita menyelamatkan nyawa masyarakat orang Indonesia dengan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah. Terima kasih, selamat malam,” pungkas Nadiem Makarim.

Video berdurasi 1 menit dan 12 detik ini mendapat apresiasi dari sejumlah selebritas Tanah Air.

Vino G. Bastian mengunggah ulang video ini dan mencuit, “Kelihatannya masalah Corona sudah bukan main main lagi. Jangan saling menyalahkan. Jangan berteori sendiri. (saya masih baca kemarin ada berita tentang penyakit ini dari jin dll.).”

 

4 dari 5 halaman

Pesan Mas Menteri

Presenter Najwa Shihab turut mengapresiasi imbauan ini. “Ini pesan Mas Menteri Nadiem Makarim untuk melawan virus Corona,” ujar Najwa Shihab via akun Twitter terverifikasi @matanajwa.

Ia kemudian menambahkan, “Menurutnya, mencegah penyebaran COVID-19 bisa dilakukan bersama, yaitu dengan bekerja, belajar, dan beribadah ‪#dirumahaja.”

5 dari 5 halaman

Menkes Akhirnya Tegas

Sineas Fajar Nugros yang tergerak dengan imbauan ini membagikan ulang video Nadiem Makarim di akun Twitter terverifikasi miliknya. Menyertai video itu, sutradara film box office Cinta Brontosaurus dan Yowis Ben membubuhkan emoji tangan menjura.

Fajar Nugros kemudian menulis komentar menggelirik, “Menkes (Menteri Kesehatan -red.) akhirnya tegas.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini