Sukses

Daniel Radcliffe Diisukan Kena Virus Corona, Cek Faktanya

Isu Daniel Radcliffe terinfeksi virus Corona, berawal dari cuitan akun Twitter @BBCNewsTonight.

Liputan6.com, London - Daniel Radcliffe kini tengah menjadi sorotan publik. Sayangnya hal ini bukan karena film tebarunya, Guns Akimbo, tapi karena isu bahwa ia terkena virus Corona.

Dilansir dari E! News, Rabu (11/3/2020), isu bahwa Daniel Radcliffe terinfeksi virus mematikan ini langsung beredar luas. Namun, agensi bintang Harry Potter tersebut langsung mematahkan isu ini.

"Tidak benar," kata perwakilan agensi kepada Buzzfeed. Lantas, dari mana isu bahwa Daniel Radcliffe terinfeksi virus Corona berawal?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berawal dari Cuitan

Rupanya hal ini berawal dari cuitan sebuah akun Twitter bertajuk @BBCNewsTonight.

"BREAKING: Daniel Radcliffe positif virus Corona. Sang aktor disebut sebagai orang terkenal pertama yang dikonfirmasi kepada publik," begitu isi unggahan tersebut.

Di dalamnya juga tertera sebuah tautan BBC News Alerts yang tak diperbarui sejak 2017.

3 dari 5 halaman

Di-retweet Jurnalis

Meski memiliki nama yang mengingatkan pada sebuah media besar Inggris, akun ini nyatanya palsu. Pengikutnya pun hanya 125 akun.

Namun cuitan ini menarik perhatian publik setelah di-retweet oleh jurnalis The New York Times, Maggie Haberman, dan Politico, Blake Hounshell.

 

4 dari 5 halaman

Tertipu Akun Palsu

Setelah menyadari kesalahannya, kedua jurnalis ini pun meminta maaf.

"Maaf, semuanya - tertipu akun BBC palsu," tulis Hounshell.

 

5 dari 5 halaman

Dihapus

Bagaimana nasib akun Twitter penyebar hoaks tersebut? Akun tersebut telah diblokir oleh media sosial berlogo burung biru tersebut, karena melanggar peraturan.

Cuitan ini juga sempat bertahan selama tujuh jam, di-retweet lebih dari 700 kali dan mendapat sekitar seribu likes, sebelum akhirnya dihapus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini