Intip Prosesi Siraman Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria

Oleh Surya Hadiansyah pada 14 Feb 2020, 15:30 WIB
Diperbarui 14 Feb 2020, 15:38 WIB
Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria Jalani Prosesi Adat

Liputan6.com, Jakarta - Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria tidak lama lagi akan menjadi pasangan suami istri yang sah. Tepatnya pada Sabtu (15/2/2020), keduanya akan menggelar pesta pernikahan.

Jelang pernikahannya, Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria telah menjalani beberapa prosesi adat. Salah satunya adalah prosesi sungkeman dan siraman. Prosesi siraman yang merupakan adat pernikahan Jawa ini dilakukan di kediaman sang ibunda, Tutut Soeharto di Menteng, Jakarta Pusat.

Siraman dihadiri keluarga, para saudara, kerabat, baik dari pihak Danny Rukmana maupun Raiyah. Sejak pukul 09:00 pagi, para tamu undangan sudah datang ke kediaman Tutut. Para tetamu yang datang menggunakan pakaian seragam adat Jawa.

Sebelum dilakukan prosesi siraman, calon pengantin pria, Danny Rukmana, melakukan sungkeman kepada kedua orangtuanya, Siti Hardijanti Rukmana (Tutut Soeharto) dan Indra Rukmana.

Kepada kedua orangtua, Danny memohon restu untuk menikah dengan perempuan pilihan hatinya, Raiyah Chitra Caesaria.

 

2 dari 5 halaman

Mohon Restu

Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria Jalani Prosesi Adat
Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria Jalani Prosesi Adat. (ist)

"Papa dan mama yang Danny cintai dan hormati. Danny mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan yang pernah Danny lakukan selama ini, yang kurang berkenan di hati mama dan papa, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Danny mohon izin untuk mencuci telapak kaki papa dan mama sebagai ungkapan rasa bakti dan terima kasih Danny atas segala pengorbanan mama dan papa untuk Danny selama ini," kata Danny.

 

3 dari 5 halaman

Haru

Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria Jalani Prosesi Adat
Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria Jalani Prosesi Adat. (ist)

Suasana haru namun khidmat mewarnai acara sungkeman. Tutut Soeharto dan sang suami tak mampu menahan air mata saat Danny meminta doa restu.

 

4 dari 5 halaman

Rangkaian

Danny kemudian mencuci telapak kaki kedua orangtuanya, Indra Rukmana dan Tutut Soeharto.

"Danny mohon restu dan izin mama dan papa untuk menikah dengan Andi Raiyah Chitra Caesaria Abdussalam. Semoga niat Danny yang suci ini mendapatkan bimbingan berkah serta ridho dari Allah SWT untuk membentuk rumah tangga yang sakinah, mawadah, warrahmah serta mendapatkan turunan yang soleh dan solehah. Amin," kata Danny Danny Rukmana.

Usai sungkeman dan siraman dilanjutkan dengan prosesi Potong Rikmo atau potong rambut. Melalui potong rikmo diharapkan dapat menumbuhkan kejujuran dan bertanggungjawab dalam memimpin rumah tangga nanti.

 

5 dari 5 halaman

Midodareni

Malam harinya, akan ada prosesi midodareni di kediaman Tutut Soeharto. Sementara di pihak mempelai wanita akan dilaksanakan prosesi Mapaci di Hotel Hermitage, Menteng Jakarta Pusat.

Acara akad nikah dan resepsi rencananya dilaksanakan di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta pada 15 Februari 2020 besok.

Lanjutkan Membaca ↓