Begini Review Presiden Korsel Moon Jae In soal Film Parasite yang Menang Oscar 2020

Oleh Ratnaning Asih pada 11 Feb 2020, 20:20 WIB
Diperbarui 11 Feb 2020, 20:20 WIB
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (AP/Jon Gambrell)
Perbesar
Selain Presiden Moon Jae In, banyak artis Korea Selatan yang juga mengungkapkan rasa sukacitanya atas kemenangan Parasite di Oscar 2020. (AP/Jon Gambrell)

Liputan6.com, Seoul - Kemenangan Parasite dalam Piala Oscar 2020, tentu saja memberikan rasa bangga yang mendalam kepada warga Korea Selatan.Tak lama setelah pengumuman kemenangan Parasite, Presiden Korea Selatan Moon Jae In langsung memberikan pernyataan resminya atas momen istimewa ini.

Dilansir dari Deadline, Selasa (11/2/2020), Presiden Moon Jae In mengucapkan selama kepada sutradara dan para bintang Parasite.

"Aku terutama sangat bersyukur kepada mereka karena menyuntikkan rasa bangga dan keberanian untuk rakyat kita dan kita bersatu menghadapi masa sulit," tulisnya dalam pernyataan yang diunggah di akun Twitter resmi kepresidenan.

Deadline berspekulasi bahwa pernyataan Presiden Moon Jae In ini berhubungan dengan wabah virus corona yang tengah melanda beberapa wilayah Asia, termasuk Korea Selatan.

2 dari 5 halaman

Berdampingan

Sutradara Parasite, Bong Joon Ho (Photo by Richard Shotwell/Invision/AP)
Perbesar
Sutradara Parasite, Bong Joon Ho (Photo by Richard Shotwell/Invision/AP)

Presiden Moon Jae In mengatakan empat piala Oscar sekaligus penghargaan Palm d'Or di Festival Film Cannes, merupakan akumulasi dari usaha sineas Korsel selama seabad ini.

"Aku sangat senang melihat film Korea berdampingan bersama negara lain dan menandai permulaan dari 100 tahun selanjutnya dari perfilman Korea," kata dia.

 

3 dari 5 halaman

Review Parasite

Cuplikan film Parasite (CJ E&M via IMDb)
Perbesar
Cuplikan film Parasite (CJ E&M via IMDb)

Moon Jae In juga memberikan review terhadap Parasite versinya. "Sebuah film yang menghibur sekaligus sedih, Parasite juga menyampaikan pesan sosial dengan cara yang anggun, luar biasa, dan sukses. Ini mengingatkanku bahwa sebuah film dapat begitu kuat dan menyentuh," kata dia.

Ia juga menilai film ini memiliki gaya penyutradaan yang khas dan mendetail dan dialog yang mengena. Tak ketinggalan ia memuji naskah, penyuntingan film, scoring, desain produksi, dan juga performa para pemainnya.

 

 

4 dari 5 halaman

Penasaran

Terakhir, seperti para penikmat film lain, Presiden Moon Jae In juga penasaran dengan karya Bong Joon Ho dan para pemain Parasite selanjutnya.

5 dari 5 halaman

Artis K-Pop

Sementara itu, selain Presiden Moon Jae In, banyak artis Korea Selatan yang juga mengungkapkan rasa sukacitanya. Mulai dari Jae Day6, Tiffany SNSD, Solar Mamamoo, Suhio EXO, Somi, aktris Gong Hyo Jin, dan masih banyak lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓