Selain Parasite yang Menang Oscar 2020, 5 Film Bong Joon Ho Ini Tak Kalah Keren

Oleh Ratnaning Asih pada 10 Feb 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 10 Feb 2020, 20:00 WIB
Poster Parasite (via IMDb)
Perbesar
sebelum film peraih Oscar 2020 ini, Bong Joon Ho juga telah melahirkan sejumlah film jempolan lain. (CJ Entertainment via IMDb)

Liputan6.com, Jakarta Kemenangan Parasite dalam Piala Oscar tahun ini yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat pada Senin (10/2/2020) pagi waktu Indonesia, menyentak para penggemar film seantero dunia. Pasalnya, meski diakui sebagai salah satu film yang sangat kuat, publik ragu voters Oscar 2020 akan memihak kepada film dari luar Hollywood sebagai pemenang kategori Film Terbaik.

Namun nyatanya Parasite tak hanya menang dalam kategori Film Terbaik. Film ini juga meraih Piala Oscar 2020 untuk kategori Sutradara, Film Internasional, dan Naskah Asli Terbaik.

Keberhasilan ini lahir berkat tangan dingin Bong Joon Ho. Selain duduk di bangku sutradara, ia juga menulis naskah bersama Jin Won Han.

Nama Bong Joon Ho mungkin baru dikenal banyak orang setelah Parasite rilis. Namun jangan salah, sebelum film peraih Oscar 2020 ini, Bong Joon Ho juga telah melahirkan sejumlah film jempolan lain.

Berikut lima di antaranya:

2 dari 6 halaman

1. Okja

Okja (Netflix via IMDb)
Perbesar
Okja (Netflix via IMDb)

Okja bercerita tentang seorang gadis Korea Selatan yang membesarkan seekor babi super. Namun binatang ini hendak direbut sebuah perusahaan besar untuk revolusi bahan makanan daging.

Okja dibintangi oleh nama besar Hollywood seperti Tilda Swinton dan Jake Gyllenhaal. Brad Pitt juga terlibat sebagai produser eksekutif.

 

3 dari 6 halaman

2. Snowpiercer

snowpiercer-131122c.jpg
Perbesar
Snowpiercer (CJ Entertainment via IMDb)

Snowpiercer adalah proyek lain dari Bong Joon Ho yang bertabur bintang Hollywood. Ia kembali mengajak serta Tilda Swinton di film yang juga dibintangi Chris Evans ini. Sekadar informasi, Song Kang Ho, yang memerankan kepala keluarga miskin Kim Ki Taek di Parasite, juga tampil di film ini.

Snowpiercer berkisah tentang kereta api yang terus melaju tanpa henti dalam dunia yang membeku. Manusia yang hidup di dalamnya lantas dibagi menjadi golongan yang berbeda, dengan yang kelas yang terbawah diperlakukan tak manusiawi.

4 dari 6 halaman

3. The Host

The Host (CJ E&M via IMDb)
Perbesar
The Host (CJ E&M via IMDb)

Song Kang Ho kembali dilibatkan dalam film Bong Joon Hon yang satu ini. Dalam film ini ia berperan sebagai single parent, Park Gang Doo, yang anaknya ditelan oleh seekor monster mengerikan.

Di tengah rasa duka, ia menemukan bahwa anaknya masih hidup.

 

5 dari 6 halaman

4. Memories of Murder

Memories of Murder (CJ Entertainment via IMDb)
Perbesar
Memories of Murder (CJ Entertainment via IMDb)

Film ini terinspirasi dari kisah pembunuhan berantai sadis di Korea Selatan yang begitu terkenal. Di film ini ia juga mengajak serta Song Kang Ho, yang berperan sebagai seorang detektif yang menyelidiki kasus pembunuhan dan perkosaan ini.

 

6 dari 6 halaman

5. Mother

Mother (CJ Entertainment via IMDb)
Perbesar
Mother (CJ Entertainment via IMDb)

Dalam Mother, Bong Joon Ho mempertemukan aktris senior Kim Hye Ja dan aktor populer Won Bin. Kisahnya tentang seorang janda dengan anaknya Do Joon, yang memiliki keterbelakangan mental. Saat Do Joon terlibat dalam kasus pembunuhan, sang ibu percaya anaknya tak bersalah, dan berusaha keras membuktikannya.

Film ini memenangkan sejumlah penghargaan, termasuk dalam kategori Film Terbaik di Buil Film Awards, Busan Film Critics Awards, dan Blue Dragon Film Awards.

Lanjutkan Membaca ↓