Sukses

Sutradara Parasite Peraih Piala Oscar Pernah Masuk Daftar Hitam Pemerintah Korea Selatan

Parasite menang empat Piala Oscar 2020 kategori Film Berbahasa Asing, Skenario Asli, Sutradara, dan Film Terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Malam puncak Piala Oscar 2020 yang digelar di The Dolby Theatre in Hollywood, Los Angeles, AS, Minggu (9/2/2020) malam atau Senin (10/2/2020) menyisakan sejumlah catatan menarik.

Seperti diketahui, Parasite menang empat Piala Oscar 2020 kategori Film Internasional, Skenario Asli, Sutradara, dan Film Terbaik. Pencapaian Parasite karya Bong Joon Ho menjadi topik paling tren di jagat maya.

Usai menang Piala Oscar 2020, masa lalu sutradara Parasite, Bong Joon Ho pun dikuliti media maupun warganet. Tahukah Anda, sineas Bong Joon Ho ternyata pernah masuk dalam daftar hitam pemerintah Korea Selatan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Seniman Sayap Kiri?

Presiden Korea Selatan sebelum ini, Park Geun Hye, merasa tak nyaman dengan sepak terjang Bong Joon Ho yang dinilai terlalu mengkritisi pemerintahannya.

Bong Joon Ho bersama 10 ribu artis lainnya didaftarhitamkan. Mengutip dari Strait Times pada 2017, Bong Joon Ho dinilai sebagai seniman sayap kiri.

3 dari 5 halaman

Mimpi Buruk Yang Menahun

Merespons kebijakan daftar hitam ini, kepada AFP, Bong Joon Ho kala itu berujar, “Itu adalah mimpi buruk yang menggelayut selama bertahun-tahun dalam hidup banyak artis Korea Selatan dan menciptakan trauma mendalam.”

Siapa sangka, kondisi kini berbalik. Sang seniman yang diincar pemerintah Korea Selatan kini mengharumkan nama negara.

4 dari 5 halaman

Cetak Sejarah

Bong Joon-Ho mengantar Parasite menjadi film berbahasa asing pertama dalam sejarah yang menang Best Picture. Warganet ramai-ramai memberi dukungan kepada Bong Joon Ho.

Bahkan, ada yang memprediksi Presiden Korea Selatan Moon Jae In akan membersihkan nama Bong Joon Ho dan menggantinya dengan kebanggaan.

5 dari 5 halaman

Kemenangan Parasite

Prediction: President Moon Jae-in akan segera mencuit soal kemenangan Parasite di Oscars. Bong Joon-ho, para pemain, dan kru membuat Korea Selatan berbangga. Sebagai pengingat, beberapa tahun lalu Bong menjadi salah satu seniman yang didaftarhitamkan oleh Park Geun-hye yang telah dimakzulkan,” tulis pemilik akun @korypdynasty.

Seperti diketahui, Bong Joon Ho mengantar Parasite meraih enam nominasi Piala Oscar 2020 yakni Film Internasional, Penyunting Gambar, Tata Artistik, Skenario Asli, Sutradara, dan Film Terbaik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini