Parasite Menang Skenario Asli Terbaik Piala Oscar 2020, Kalahkan Quentin Tarantino

Oleh Wayan Diananto pada 10 Feb 2020, 09:12 WIB
Diperbarui 10 Feb 2020, 09:12 WIB
Salah satu adegan film Parasite. (Foto: Dok. IMDb/ Barunson E&A)
Perbesar
Salah satu adegan film Parasite. (Foto: Dok. IMDb/ Barunson E&A)

Liputan6.com, Jakarta Kejutan datang dari malam puncak Piala Oscar 2020. Parasite meraih Piala Oscar 2020 pertama namun bukan di kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Mengingat, hingga artikel ini disusun, pemenang kategori Film Berbahasa Asing Terbaik belum diumumkan. Parasite secara dramatis meraih Piala Oscar 2020 kategori bergengsi, Skenario Asli Terbaik.

Saat nama Bong Joon Ho dan Jin Won Han disebut, para tamu undangan bertepuk tangan. Bong Joon Ho dan Jin Won Han naik panggung lalu menyampaikan pidato kemenangan dalam bahasa Inggris bercampur Korea Selatan.

 

2 dari 5 halaman

Proses yang Panjang

Poster film Parasite. (Foto: Dok. IMDb/ Barunson E&A)
Perbesar
Poster film Parasite. (Foto: Dok. IMDb/ Barunson E&A)

Sambil menggenggam Piala Oscar, Bong Joon Ho menyebut penulisan naskah Parasite melalui proses panjang.

“Menulis naskah Parasite melewati proses yang panjang dan menyendiri, apalagi saya ingin menulis isu yang menggambarkan wajah masyarakat negara kami,” beri tahu Bong Joon Ho di atas panggung.

3 dari 5 halaman

Berbagi Kehormatan

Cuplikan film Parasite (CJ E&M via IMDb)
Perbesar
Cuplikan film Parasite (CJ E&M via IMDb)

Ia menambahkan, “Saya berterima kasih untuk istri saya yang selalu menjadi inspirasi dalam bekerja dan berkreasi di dunia seni. Dan seluruh aktor yang menghidupkan film ini.”

Sementara Jin Won Han tampak gugup saat menyampaikan pidato kemenangan. “Saya ingin berbagi kehormatan dengan para penulis skenario lain,” ujarnya, ringkas.

4 dari 5 halaman

Meraih 6 Nominasi

Di kategori Skenario Asli Terbaik Oscars 2020, Parasite diadu dengan Knives Out (Rian Johnson), Marriage Story (Noah Baumbach), 1917 (Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns), serta Once Upon a Time in Hollywood (Quentin Tarantino).

Sebagai informasi, dalam putaran Oscars 2020, Parasite meraih 6 nominasi yakni Film, Film Berbahasa Asing, Sutradara, Skenario Asli, Penyunting Gambar, dan Tata Artistik.

5 dari 5 halaman

Film Asia Pertama

Tahun ini, Parasite mencetak sejarah lantaran menjadi film Asia pertama yang memenangkan kategori skenario.

Parasite menjadi film Asia pertama yang meraih nominasi ganda untuk Film Terbaik dan Film Berbahasa Asing Terbaik. Sebelumnya, film Crouching Tiger, Hidden Dragon pada 2001.

 

Lanjutkan Membaca ↓